Kukerta Balek Kampung Unri Adakan Bimbingan Belajar Bersama Anak-anak Koto Sentajo

Ruslan
43 view
Kukerta Balek Kampung Unri Adakan Bimbingan Belajar Bersama Anak-anak Koto Sentajo
Foto: Vina Gusmadani

KUANSING, datariau.com - Koto Sentajo merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Sentajo Raya, Kuantan Singingi, Riau. Desa Koto Sentajo terdiri dari dua dusun, yaitu Dusun Gontiang dan Dusun Bukik.

Jumlah Penduduk Desa Koto Sentajo adalah 1634 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga 405 KK. Terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 808 jiwa dan perempuan 826 jiwa.

Dimasa pandemi ini segala kegiatan yang ingin dilakukan sangatlah terbatas, terutama menyangkut kegiatan pendidikan seperti belajar dan mengajar.

Di Desa Koto Sentajo sendiri kegiatan belajar anak-anak di sekolah hanya berlangsung dua kali tatap muka dalam seminggu, hal ini tentunya sangat mempengaruhi tingkat pengetahuan dan literasi bagi anak-anak karena kurangnya waktu dalam belajar.

Melihat keadaan tersebut, maka Kukerta Balek Kampung UNRI tahun 2021 mengadakan kegiatan Bimbingan Belajar Bersama anak KKN disalah satu rumah adat khas koto Sentajo tepatnya Rumah Godang Suku Patopang, Dusun Gontiang, Desa Koto Sentajo.

Tujuan diadakannya kegiatan bimbingan belajar bersama ini adalah sebagai wadah untuk meningkatkan literasi masyarakat khusunya anak-anak yang masih dalam usia sekolah.

Selain itu, banyak kegiatan dalam Bimbingan belajar bersama ini yang tujuannya adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan rasa ingin tahu anak-anak akan literasi melalu edukasi.

Kegiatan yang dilakukan dalam bimbingan belajar bersama ini diantaranya adalah bimbingan belajar prasekolah, SD, sampai tingkat SMP/Sederajat seperti mengenal angka dan huruf, belajar menulis dan membaca, matematika, serta bahasa Inggris.

"Bimbingan Belajar ini kami adakan adalah untuk dijadikan sebagai wadah masyarakat khususnya anak usia sekolah dalam memupuk semangat belajar dimasa Pandemi. Seperti yang kita ketahui dikarenakan keterbatasan PPKM ini ruang gerak belajar anak jadi kurang maksimal. Sehingga perlu adanya wadah dan ruang bagi mereka untuk memperluas pengetahuannya sesuai dengan lingkup pengetahuan masing-masing anak," ujar Dealika selaku peserta KKN Balek Kampung yang menggugus adanya kegiatan Bimbingan Belajar.

Tidak hanya sebagai wadah belajar bagi anak-anak, Bimbingan Belajar Bersama ini juga berusaha meningkatkan minat anak-anak dalam menghafal pengetahuan yang telah diajarkan melalui tanya jawab berhadiah sehingga anak-anak lebih antusias untuk memahami pelajaran yang telah disampaikan.

Selain tanya jawab berhadiah saat mengajar, terkadang juga akan diselingi dengan permainan ataupun game-game yang menarik bagi anak sehingga mereka tidak jenuh dalam proses belajarnya.

Kegiatan Bimbingan Belajar Bersama ini dilaksakan setiap hari Kamis pukul 15.00-17.00 WIB dan Sabtu pukul 10.00-12.00 WIB. Sejauh ini, terdapat sekitar 20 anak usia Prasekolah, SD, dan SMP/Sederajat yang tergabung dalam kegiatan Bimbingan Belajar Bersama anak KKN ini, baik yang berasal dari Dusun Gontiang dan juga Dusun Bukik Desa Koto Sentajo.

"Kami sangat senang anak-anak KKN mengadakan kegiatan Bimbingan Belajar ini, karena dapat membuat anak saya lebih mudah memahami pelajarannya, dan juga sangat terbantu dalam mengerjakan PR yang telah diberikan oleh sekolah," kata salah satu orang tua anak Bimbingan Belajar.

Dengan adanya Bimbingan Belajar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta kualitas pendidikan anak dimasa pandemi ini, khusunya anak-anak di Desa Koto Sentajo, Kuantan Singingi. (ril)

Penulis
: Vina Gusmadani