Kemendikbud Siapkan Program Lulusan S1 Pendidikan Langsung Jadi ASN

mita
124 view
Kemendikbud Siapkan Program Lulusan S1 Pendidikan Langsung Jadi ASN
Foto: gartonnews.com.
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Nunuk Suryani.
DATARIAU.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tengah merancang program agar lulusan D4 dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) atau Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) bisa langsung jadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Nunuk Suryani mengatakan, setelah mendapatkan penempatan sebagai ASN, lulusan tersebut baru bisa menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Kami juga sedang merancang program untuk para lulusan S1/D4 kependidikan agar bisa langsung mendaftar menjadi ASN, setelah mendapatkan penempatan nantinya akan bisa menempuh pendidikan PPG," kata Nunuk dikutip dari laman kompas.com pada Rabu, (15/5/2024).

Nunuk melanjutkan, pihaknya terus melakukan transformasi pada program prioritas, salah satunya adalah PPG. Menurut dia, informasi transformasi program PPG sangat penting untuk para guru di sekolah yang belum tersertifikasi, baik yang masih menunggu dipanggil untuk Sertifikasi Pendidik, maupun lulusan S1 atau D4 yang ingin menjadi guru.

"Inilah kesempatan yang berharga untuk bersama-sama berdialog akan transformasi tersebut," ujarnya.

Selain itu, Kemendikbud kata Nunuk, juga fokus untuk mengatasi masalah kondisi gawat darurat kekurangan guru SD. Oleh karena itu, Kemendikbud juga akan melakukan redistribusi.

"Linearitas yang disempurnakan ini dilakukan untuk mengatasi kegawatdaruratan guru SD. Contohnya adalah guru mata pelajaran Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKN, dan PG PAUD sudah linear dengan SD," jelas Nunuk.

Pendaftaran PPG Prajabatan

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Direktur PPG, Adhika Ganendra, mengatakan, pada seleksi PPG tahun 2024, peserta yang lolos akan ditempatkan berdasarkan pilihan lokasi mengajar saat pendaftaran. Kuota PPG Prajabatan yang dibuka saat ini, kata Adhika, juga telah mempertimbangkan jumlah kekosongan guru tahun 2025 dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara PPG serta izin bidang studi PPG yang tersedia pada masing-masing provinsi.

"Kuota PPG 2024 telah melewati dua pertimbangan tersebut, kami harapkan adanya persaingan antarcalon peserta di masing-masing provinsi dengan harapan meningkatkan kualitas guru di daerah tersebut," kata Adhika.

Adapun pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2024 masih dibuka hingga 15 Mei 2024 dengan mengakses laman ppg.kemdikbud.go.id. Kemudian klik "Daftar PPG Prajabatan" di pojok kanan atas, terkait Informasi lengkap tentang syarat dan tata cara pendaftaran juga bisa diakses melalui laman tersebut.***

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)