Gerakan Literasi di Padangpanjang

Lapak Baca Dibanjiri Anak-anak dan Remaja

Admin
1.282 view
Lapak Baca Dibanjiri Anak-anak dan Remaja
Ist.

PADANGPANJANG, datariau.com - Gencarnya gerakan literasi di Kota Serambi Mekah Padangpanjang mengundang ketertarikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Alwis, untuk datang langsung ke kota itu.

Tidak sendirian, Alwis membawa Ketua Yayasan Gemar Membaca Indonesia (YAGEMI) Wilayah Sumatera Barat, Datuk Drs. Basri Syafrizal dan Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Januarisdi.

“Kami mengikuti perkembangan gerakan literasi di Padangpanjang. Sebagai bentuk apresiasi, kami datang memberi dukungan,” kata Alwis di sela-sela kegiatan Lapak Baca yang dibentang Forum Pegiat Literasi (FPL) Padangpanjang bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padangpanjang, Ahad (13/8), sore, di halaman Kampus STAI Imam Bonjol Padangpanjang.

Lapak Baca itu diramaikan anak-anak dan remaja yang berdomisili di sekitar lokasi. Diniyyah Puteri, pesantren khusus putri yang berdekatan kampusnya dengan lokasi Lapak Baca juga mengutus puluhan santri untuk ikut meramaikan kegiatan itu.

“Ini luar biasa. Saya melihat anak-anak dan remaja sangat antusias membaca buku,” kata Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Januarisdi.

Lapak Baca yang secara rutin digelar di sejumlah titik di pusat-pusat keramaian di Padangpanjang, disebut Ketua YAGEMI Wilayah Sumatera Barat, Basri Syafrizal, sejalan dengan gerakan literasi yang diusung YAGEMI.


“Dari kegiatan-kegiatan seperti ini akan menumbuhkan minat masyarakat membaca buku,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Alwis, menyerahkan sejumlah buku yang diwakafkan untuk mendukung gerakan #PadangPanjangBanjirBuku. Program ini digerakan FPL bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padangpanjang untuk “membanjiri” kota di kaki Gunung Singgalang dan Marapi itu dengan buku.

“Buku-buku wakaf ini kami kumpulkan di Perpustakaan Daerah Padangpanjang untuk disortir, kemudian disalurkan kembali ke masyarakat,” kata Muhammad Subhan, Koordinator Forum Pegiat Literasi (FPL) Padangpanjang.

Buku wakaf sumbangan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat diterima Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang, Neldawati, didampingi Kabid Perpustakaan Joni Aldo dan Penasehat FPL, Dr. Sulaiman Juned, S.Sn., M.Sn.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang, Alvi Sena, S.T., M.T., menyampaikan permohonan maaf tidak dapat hadir bersama FPL di Lapak Baca sebab sedang berada di Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka (UHAMKA) Jakarta.

Alvi Sena melakukan kunjungan muhibah setelah Ketua Pusat Studi Buya Hamka, Buya Afif Hamka dan rombongan datang ke Padangpanjang pekan lalu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang menjajaki kerjasama dengan Pusat Studi Buya Hamka untuk sejumlah kegiatan literasi, termasuk penelitian terkait jejak Hamka di Padangpanjang dan rencana melakukan bedah buku-buku Hamka bersama penerbit Nasional di Padangpanjang.

Arena Lapak Baca, selain membentang buku-buku bacaan untuk anak-anak dan remaja, juga disemarakkan dengan sejumlah pembacaan puisi dan bercerita. Raisha Nasifa, murid SD pemenang Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Sumatera Barat asal Padangpanjang, sore itu unjuk kebolehannya bercerita sebagai persiapan untuk mengikuti lomba tingkat Nasional pada September 2017 mendatang di Jakarta. (rls)

Editor
: Agusri
Sumber
: Datariau.com