Isu Penculikan Anak, Bupati dan Kapolres Inhu Keluarkan Himbauan

Admin
2.700 view
Isu Penculikan Anak, Bupati dan Kapolres Inhu Keluarkan Himbauan
Heri
Bupati dan Kapolres Inhu.

RENGAT, datariau.com - Terkait adanya isu terkini tentang penculikan anak dibawah umur mulai menyita perhatian publik dan meresahkan para orangtua khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau.

Untungnya, di Wilayah Hukum Inhu perkara penculikan anak belum ditemukan. “Jangan sampai ada,” pinta Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni Sik saat dikonfirmasi melalui selulernya belum lama ini.

Dikatakan, bebarapa tips pencegahan penculikan terhadap anak adalah meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak. “Jangan lalai, orangtua harus lebih waspada menjaga putra putrinya,” saran Kapolres.

Menurut Kapolres, untuk memuluskan aksi pencurian anak banyak modus yang dilakukan si pelaku. Antara lain menawarkan si anak dengan makanan, uang, bahkan tumpangan dari orang yang tidak dikenal.

Maka beberapa cara menangkal dan menekan terjadinya pidana penculikan anak setiap orangtua perlu memotivasi anak dengan tips mengajarkan anak untuk menolak tawaran apapun dari orang yang tidak dikenal.

Bahkan pada saat orang yang tidak dikenal sudah berbuat yang tidak pantas si anak perlu diajari menangis dan menjerit sekuat tenaga sehingga mengundang perhatian orang banyak.

Masyarakat yang mencurigai gerak-gerik seseorang hendaknya melaporkan secepatnya kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

“Bhabinkamtibmas, Babinsa yang ada di Desa manjadi orang pertama yang wajib dikabari jika ada hal yang mencurigakan,” papar Kapolres.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menghimbau kepada masyarakat agar tetap melakukan pengawasan kepada anak-anaknya baik di sekolah, tempat pengajian, rumah dan lingkungan tempat tinggal. Dan bila ada orang yang mencurigakan cepat laporkan ke penegak hukum, salah satunya polisi terdekat.

"Ya kita berharap isu tentang penculikan itu hanya sekedar isu atau berita hoax, bila benar adanya tentang berita penculikan anak, semoga tidak sampai ke Inhu. Saya sudah tegaskan kepada jajaran kepolisian, TNI dan Satpol PP untuk melakukan pengawasan dan saya ingin Inhu aman," tutup Bupati Inhu H Yopi Arianto SE.

Penulis
: Heri
Editor
: Adi
Sumber
: Datariau.com
Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)