Cara Mengisi Daya Baterai Sepeda Motor Listrik yang Benar

Junaini
499 view
Cara Mengisi Daya Baterai Sepeda Motor Listrik yang Benar
Foto: Flip.id
Cara mengisi baterai motor listrik dengan benar. 
DATARIAU.COM - Diakui atau tidak teknologi sepeda motor listrik masih baru untuk masyarakat Indonesia. Salah satu yang jadi perhatian ialah cara isi daya alias charging yang baik dan benar.

Seperti diketahui baterai merupakan komponen krusial di kendaraan listrik (EV). Jika baterai rusak atau bocor maka mayoritas saat ini belum dapat diperbaiki melainkan beli baru.

Lantas bagaimana cara melakukan isi daya yang paling benar, atau setidaknya paling direkomendasikan untuk menjaga kesehatan baterai?

Baca juga: Antisipasi Dampak Buruk Overheat pada Komponen Mesin Mobil

Hermawan Wijaya, Direktur Marketing PT International Chemical Industry (ABC Lithium), mengatakan, pada dasarnya baterai bisa diisi daya dalam kondisi apapun baik itu kondisi kosong atau penuh.

“Sebetulnya kalau mau charging di posisi apapun boleh. Tapi bijaksananya bagaimana, misalkan baterainya (masih) 80 persen terus mau dicas apakah boleh, sebetulnya boleh tapi bijaksana tidak?,” kata Hermawan.

Namun jika mengacu pada kondisi ideal kata Hermawan, baterai baiknya dicas saat kondisi kosong.

“Kita menentukan baterai kalau mau charging cepat maka dari posisi kosong. Kosong bukan berarti nol, tapi bisa saja di sini (ada isi sedikit),” ujarnya.

Baca juga: Mengenal Inreyen: Prosedur Penting untuk Komponen Mesin Mobil Baru

Satu yang mesti diperhatikan kata Hermawan, jangan mengecas terlalu sering pakai fast charging. Sebab dikhawatirkan salah satu sel di dalam baterai rusak. Pilihan terbaik ialah mengecas pakai tipe slow charging.

Hermawan mengatakan, boleh saja mengecas pakai fast charging tapi sebaiknya jangan dari kondisi kosong sampai penuh.

“Diisi pakai fast charging sebaiknya (sampai) angka 60-70 persen setelah itu ganti di constant voltage, jadi di atas itu pakai slow charging,” ujarnya.

Sumber: Kompas.com

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)