DPRD Pekanbaru Ingatkan DLHK Waspadai Tumpukan Sampah Selama Libur Lebaran

Endi Dwi Setyo
1.034 view
DPRD Pekanbaru Ingatkan DLHK Waspadai Tumpukan Sampah Selama Libur Lebaran
Foto: Endi
Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru H Wan Agusti SH MH

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru H Wan Agusti SH MH mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru untuk mewaspadai adanya tumpukan sampah yang berserakan di pinggir jalan. Sebab, jumlah volume sampah diperkirakan akan mengalami peningkatan saat libur Lebaran 2024 sehingga dikhawatirkan munculnya tumpukan sampah di beberapa titik ruas.

"Memang rata-rata warga Pekanbaru banyak yang mudik ke kampung halamannya, tetapi yang namanya sampah itu pasti selalu ada tiap hari dibuang. Apalagi lebaran itu pasti banyak sampah-sampah botol minuman kaleng, jadi DLHK harus mengantisipasi munculnya tumpukan sampah. Jangan sampai ada tumpukan-tumpukan sampah yang berserakan di pinggir jalan," kata Wan Agusti, Selasa (9/4/2024).

Wan Agusti mengatakan, DLHK Kota Pekanbaru sebagai OPD yang menangani soal persampahan, agar berkoordinasi dengan operator angkutan sampah PT Bina Riau Sejahtera (BRS) untuk menyiagakan petugasnya untuk mengantisipasi supaya tak ada penumpukan sampah. Sehingga, kebersihan lingkungan warga selama libur lebaran bisa tetap terjaga.

"Pastikan tak ada tumpukan sampah yang menghiasi jalan-jalan saat momen lebaran, terutama jalan protokol. Kita tidak mau melihat pemandangan sampah-sampah berserak di pinggir jalan saat sedang pergi lebaran," tegasnya.

Politisi Gerindra ini juga meminta PT Bina Riau Sejahtera selaku pihak ketiga angkutan sampah untuk bekerja maksimal dan profesional dalam mengangkut sampah di dua zona kecuali wilayah Rumbai yang dikelola DLHK sendiri.

"Pastikan armada angkutan sampah itu memadai dan tetap bekerja mengangkat sampah-sampah dan jangan sampai diangkutnya itu terlambat," terang Wan Agusti. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)