DPRD Pekanbaru Ancam Hentikan Pembahasan Ranperda Penyertaan Modal Jika PDAM Tirta Siak Tidak Berbenah

Endi Dwi Setyo
164 view
DPRD Pekanbaru Ancam Hentikan Pembahasan Ranperda Penyertaan Modal Jika PDAM Tirta Siak Tidak Berbenah
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE

PEKANBARU, datariau.com - Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE menyebut pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pernyataan Modal di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pekanbaru terancam dihentikan. Pasalnya, PDAM Tirta Siak dinilai mengalami sakit yang menahun hingga terjadi komplikasi alias masih banyak pekerjaan rumah (PR).

"Kami malah berpikir kalau masih dilakukan pernyataan modal tapi di satu sisi mereka (PDAM) tidak kunjung berbenah dan mengobati sakit hati masyarakat, saya rasa kita akan tinjau ulang," kata Azwendi, Kamis (21/10/2021).

Azwendi mengatakan, apabila PDAM Tirta Siak tidak bisa menyelesaikan segala penyakit yang ada di dalam tubuhnya, maka Ranperda Pernyataan Modal PDAM Tirta Siak tidak akan diselesaikan oleh Pansus DPRD Pekanbaru.

"Bukan berarti DPRD tidak memberikan dukungan kebijakan, tapi kita minta mereka (PDAM) memberikan pemaparan yang jelas, target dan sasaran dan pernyataan modal ini untuk apa. Dan subsidi ini untuk siapa?," tegasnya.

Ia mengungkapkan, bahwa sebenarnya DPRD Pekanbaru menaruh harapan besar kepada PDAM Tirta Siak agar bisa surplus atau mendapatkan keuntungan dengan memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat.

"Tapi semenjak saya melihat kondisi PDAM sampai hari ini, jauh dari surplus. Harapannya malah mereka mesti bisa surplus, seperti memberikan pelayanan yg baik kepada masyarakat sehingga masyarakat mau membayar tagihan," terangnya.

Politisi Demokrat ini juga menegaskan kepada Direktur PDAM Tirta Siak yang baru, Agung Anugrah agar bisa membenahi sistem administrasi hingga masalah kepegawaian.

Menurutnya, BUMD ini dinilai tidak memberikan perhatian kesejateraan kepada para pegawainya sehingga akan berujung petugas yang malas-malasan untuk bekerja.

"Direktur PDAM yang baru ini, anda harus cerdas dan cermat. Apabila anda tidak bisa melakukan itu, Pemko Pekanbaru harus melakukan evaluasi," pungkasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Endi Dwi Setyo
Sumber
: Datariau.com