Bupati HM Adil Ikuti Rapat Paripurna DPRD Tentang Penyampaian Raperda Rencana Pembangunan

Ruslan
87 view
Bupati HM Adil Ikuti Rapat Paripurna DPRD Tentang Penyampaian Raperda Rencana Pembangunan
Foto: Syahputra

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Ikuti Rapat Paripurna Bersama DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Tentang Penyampaian Raperda Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021-2026, Senin (26/0/2021).

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH langsung membacakan laporan, Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026. Saudara Ketua, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Para Hadirin yang berkesempatan hadir pada Sidang Paripurna Penyampaian Ranperda RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021-2026 ini.

Selanjutnya pada kesempatan ini saya

Juga menghimbau kepada para hadirin sekalian untuk tetap menjaga kesehatan serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, sembari berharap dan memohon kepada Allah Subhanawata'ala, Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa melindungi serta memberikan kesehatan kepada kita semua.

Penyusunan Ranperda RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021-2026 ini merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana dalam pasal 65 dijelaskan bahwa Kepala Daerah mempunyai tugas antara lain Menyusun dan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan Rancangan Perda tentang RPJMD kepada DPRD untuk dibahas bersama DPRD, serta Menyusun dan menetapkan RKPD. Selanjutnya pada Pasal 264 disebutkan bahwa Peraturan Daerah tentang RPJMD ditetapkan paling lama 6 (enam) bulan setelah Kepala Daerah Dilantik.

Ranperda RPJMD ini adalah Dokumen Rencana Pembangunan yang terjemahan dari Visi dan Misi serta 7 Program Strategis Kepala Daerah yang telah dijabarkan kedalam Tujuan, Sasaran, Strategi, Arah Kebijakan dan Program Pembangunan Serta Pagu Indikatif yang tertuang didalam Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD ini.

Program Pembangunan yang telah disusun didalam Rancangan Peraturan Daerah ini juga telah ditelaah dan disinkronkan dengan Kebijakan Rencana Pembanguan Nasional dan Rencana Pembangunan Provinsi Riau. merupakan Dokumen RPJMD ini akan menjadi rujukan untuk rencana Pembangunan selama lima tahun kedepan dan sebagai pedoman penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Tahunan yakni Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD).

Program-program Pembangunan yang telah disusun didalam Dokumen RPJMD ini nantinya akan dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Secara Holistik dan Terintegrasi yang juga akan diterjemahkan Kembali kedalam Dokumen Rencana Pembangunan Perangkat Daerah yakni Dokumen Rencana Strategis Perangkat Daerah maupun Dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah.

"Didalam penyusunan Rancangan Daerah tentang RPJMD ini kami mengharapkan dukungan dan kerjasama DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti untuk membahas bersama dan selanjutnya dapat diberikan saran dan masukan agar Dokumen Rencana Pembangunan Menengah ini dapat lebih baik lagi dan dapat mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkap H Muhammad Adil SH.

"Demikian kami sampaikan Rancangan

Peraturan Daerah Kabupaten Kepualauan Meranti Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021-2026. Semoga Allah Subhanawata'ala, Tuhan Yang Maha Kuasa melimpahkan rahmat dan Karunia-Nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan rakyat dan tetap berada dalam lindungan-Nya. Aminn ya Rabbal 'Alamin. Hari Kemarin Sudah Jadi Kenangan, Masa Depan Kita Ciptakan Sejarah yang Hebat, Dokumen RPJMD Solusi Pembangunan Wujudkan Meranti Maju, Cerdas, dan Bermartabat," pungkasnya.

Dinformasikan acara rapat paripurna DPRD penyampaian Raperda 2021-2026 tersebut akan dilanjutkan besok. (put)

Penulis
: Syahputra
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com