Dewan Tolak Pengesahan APBD Inhu 2018, Yopi Arinato: Pemkab Berjalan Sesuai Aturan

@ruslandatariau
693 view
Dewan Tolak Pengesahan APBD Inhu 2018, Yopi Arinato: Pemkab Berjalan Sesuai Aturan
Foto: Ist
Bupati Inhu H Yopi ariyanto.

INDRAGIRI HULU, datariau.com - 7 fraksi di DPRD Inhu menolak untuk mengesahkan APBD Perubahan Inhu tahun anggaran 2018. Penolakan disampaikan pada rapat paripurna yang berlangsung, pekan lalu. Salah satu alasan dewan menolak mengesahkan APBD-P, karena pokok pikiran anggota dewan yang dihasilkan dari reses mereka tak diakomodir.

Selain itu, ada alasan pembangunan infrastruktur yang sudah dianggarkan pada APBD 2018 tidak direalisasikan. Sikap DPRD Inhu menolak pembahasan APBDP tersebut dinilai merugikan lembaga dewan itu sendiri.

Pemkab Inhu sudah menyusun sejumlah rencana dan mengikuti ketentuan sebelum menyampaiakan pengajuan APBD-P 2018. Bupati Yopi Arianto mengatakan, kondisi keuangan yang tidak stabil membuat pemkab lebih memilih program yang menjadi prioritas. 

"Kondisi keuangan tentunya saat ini tidak stabil, makanya ada yang lebih prioritas dan mengutamakan kepentingan pelayanan," ujarnya.

Karena itu, dirinya menilai, DPRD Inhu tentu akan menyesal dengan keputusan yang sudah diambil. 

"Sejumlah pelayanan yang menjadi prioritas kita antara lain kesehatan, untuk kesejahteraan petugas kebersihan dan banyak lagi. Saya yakin teman-teman DPRD saat ini sangat menyesal dengan tindakan yang mereka lakukan," katanya.

Dikatakan, keputusan yang diambil memang merupakan hak DPRD Inhu. 

"Semua hak mereka, biar waktu nanti yang akan menjawabnya. Semoga ke depan masyarakat tidak salah memilih wakil-wakilnya," katanya.

Sementara itu, terkait krisis anggaran saat ini Yopi siap untuk menjelaskan kepada masyarakat. 

"Kita siap menjelaskan ke masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku. Saya berharap, KPK segera turun melihat kondisi Inhu, terutama apa yang dilakukan Pemda dan DPRD, karena saat ini tidak ada lagi yang ditutup-tutupi," tukasnya.

Penulis
: Rolijan
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com