APBD Perubahan 2018 Bengkalis Defisit 6.15 Milyar

@ruslandatariau
1.260 view
APBD Perubahan 2018 Bengkalis Defisit 6.15 Milyar
Yulistar
Bupati Bengkalis saat membacakan sambutan dihadapan pimpinan dan anggota DPRD Bengkalis.

BENGKALIS, datariau.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin menghadiri rapat paripurna laporan badan anggaran DPRD Kabupaten Bengkalis tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) perubahan APBD Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2018, bertempat di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Bengkalis, Jum'at (28/9) malam.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bengkalis H Abdul Kadir didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Bengkalis, dan diikuti oleh 31 Anggota DPRD Bengkalis.

Pada kesempatan itu, saat membacakan Rancangan Keputusan DPRD, H Abdul Kadir menjelaskan bahwa Pendapatan Daerah Rp3,499 triliun. Terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp444,510 miliar, Dana Perimbangan Rp2,786 triliun dan lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah Rp268, 511 miliar.

Sedangkan Belanja Daerah, papar Ketua DPRD Bengkalis dari Fraksi Partai Amanat Nasional tersebut sebesar Rp3,505 triliun, terdiri dari Belanja Tidak Lansung (BTL) Rp1,508 triliun dan Belanja Langsung (BL) Rp1,997 triliun.

"Defisit belanja setelah perubahan Rp6,15 miliar. Defisit ditutupi dengan pembiayaan Rp6,15 miliar," paparnya.

Dia juga menjelaskan pengeluaran pembiayaan daerah sebesar Rp10,740 miliar. Yaitu untuk penyertaan modal investasi.

Katanya, total APBD Bengkalis setelah perubahan tahun anggaran 2018 sekitar Rp3,506 triliun.

Sementara itu dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis turut hadir pada rapat tersebut Sekretaris Daerah Bengkalis, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis Hj Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Maryansyah Oemar, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis dalam sambutannya mengatakan, tahap pembahasan dan penyelesaian rancangan perubahan APBD Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2018 telah melalui mekanisme politik dan tekhnokratik.

"Tentu hal ini didasari oleh kita semua, khususnya Anggota DPRD, sehingga apa-apa yang direncanakan dan diusulkan dapat diakomodir secara baik melalui proses yang sangat komunikatif dan kooperatif. Adapun berbagai dinamika dalam proses pembahasan telah dilalui dengan semangat demokrasi, sinergi dan menjunjung nilai-nilai kebersamaan, sehingga Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2018 dapat ditetapkan," ungkap Kepala Daerah Bengkalis.

Selanjutnya, kami juga menghargai sikap keterbukaan dari DPRD Kabupaten Bengkalis, baik pada saat penyampaian pandangan umum fraksi terhadap nota keuangan khususnya saat pembahasan dengan seluruh perangkat daerah.

"Selama proses pembahasan kami telah menerima tanggapan, saran maupun koreksi dari bapak dan ibu anggota dewan yang terhormat, hal ini dirasakan sangat membantu kami dalam menyelesaikan tahapan-tahapan penting pelaksanaan anggaran dengan telah disahkannya perubahan APBD ini," ucap Amril Mukminin.

Lebih lanjut beliau berharap, apa yang telah disepakati ini dapat segera kita tindaklanjuti sesuai mekanisme penganggaran yang berlaku, yakni penyampaian kepada Gubernur Riau dan pembahasan dengan tim anggaran Pemerintah Provinsi Riau.

"Agar selanjutnya dapat disempurnakan dan segera kita laksanakan, karena hal penting sebenarnya bukanlah apa yang termaktub dalam dokumen APBD tetapi realisasi program dan kegiatan tersebut," ujarnya.

Penulis
: Yulistar
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com