Tampil Memukau, Lagu Sanggar Bathin Galang Bikin Hanyut Penonton di Bono Jazz Festival 2017

Rahmad
1.874 view
Tampil Memukau, Lagu Sanggar Bathin Galang Bikin Hanyut Penonton di Bono Jazz Festival 2017
Rahmad
Grup Sanggar Bathin Galang saat penampilan di Bono Jazz Festival 2017 di Transmart, Pekanbaru, Riau, Jum'at (8/12/2017).

PEKANBARU, datariau.com - Sanggar Bathin Galang sukses ikut andil memeriahkan acara musik Bono Jazz Festival 2017 di Transmart, Pekanbaru. Lagu-lagu yang dibawa sanggar asal Desa Bokor, Kepulauan Meranti itu berhasil memukau para penonton.

Baru pertama kali ditampilkan dalam musik festival, lagu Sonde Dreams langsung menghanyutkan para penikmat musik. Mereka ikut bergoyang sambil menggelengkan kepalanya dalam irama musik jazz melayu.

Suntikan musik yang dibawa Sanggar Bathin Galang hingga membuat kagum penikmat musik di Transmart. Begitu juga lagu kedua yang ditampilkan berjudul Al Barzanji.

Menurut Ketua Sanggar Bathin Galang, Sopandi S Sos didampingi Pemain Komposer, Julian Draviza, dua lagu yang ditampilkan berjudul Sonde Dreams dan Al Barzanji merupakan lagu garapan baru.

Proses pembuatannya masih melekatkan aromatik ciri khas yang ada di daerah Kepulauan penghasil sagu terbesar di Indonesia.

"Al Barzanji ini menceritakan tentang kebiasaan masyarakat Meranti dalam kegiatan acara kenduri pernikahan dan acara besar islam. Kami buat dalam ritme bentuk musik malay jazz," ujar Sopandi, Sabtu (9/12/2017).

"Juga tidak meninggalkan unsur di tradisi," tambah Draviza.

Kemudian lagu Sonde Dreams, lanjut Sopandi, berpijak dari joged sonde yang kental dari suku akit Desa Sonde. Dibalut ritme jazz malay dengan unsur gendang joged.

"Alhamdulillah, lagu ini dapat apresiasi penuh oleh penonton. Musik jazz malay nya membuat penonton ikut bergoyang," kata pria yang akrab disapa Atah Pandi itu.

Grup Sanggar Bathin Galang saat penampilan di Bono Jazz Festival 2017, Jum'at (8/12/2017) kemarin berjumlahkan 7 personil. Diantaranya Sopandi, Julian Draviza, Ari Tanjung, Andi Darmadi, Afandi, Wahyu Syahputra, dan Candra Dwi Ramadhani.

Penulis
: Rahmad