Kapal Perang TNI AL Bantu Penanganan Covid-19 di Riau

Admin
161 view
Kapal Perang TNI AL Bantu Penanganan Covid-19 di Riau

PEKANBARU, datariau.com - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Semarang-594 ikut membantu menanggulangi pandemi Covid-19 di Provinsi Riau.

Kapal perang TNI Angkatan Laut (AL) ini dialihfungsikan menjadi kapal Bantuan Rumah Sakit (BRS).

KRI Semarang-594 tiba di Riau sejak, Senin (16/8/2021) lalu, berlabuh di Dermaga TNI AL Bangsal Aceh, Kota Dumai, dan beroperasi hingga Sabtu (21/8/2021).

Panglima Komando Armada Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengatakan, pada operasi ini TNI AL bertugas untuk membantu menghadapi bencana-bencana non-alam, seperti pandemi Covid-19.

"Kita ikut mendukung pemerintah melaksanakan kegiatan kemanusiaan. Mengingat tingginya penyebaran Covid-19, sehingga kelangkaan oksigen di beberapa daerah cukup tinggi," kata Arsyad kepada wartawan dalam jumpa pers, Jumat (20/8/2021).

Hingga hari ini, ia menyebut TNI AL telah mendukung 52 tabung oksigen untuk dibagikan gratis kepada masyarakat di Dumai, Pulau Rupat dan Pulau Bengkalis.

"Alhamdulillah, kebutuhan oksigen sudah mencukupi dan bisa mendukung sejumlah rumah sakit serta masyarakat yang membutuhkan," sebut Arsyad.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, beberapa waktu lalu di Riau terjadi peningkatan jumlah kasus positif Covid-19.

Bahkan, pernah mencapai lebih dari dua ribu kasus per hari. Namun, kondisi saat ini telah terjadi penurunan kasus.

"Melihat kondisi ini, kami mengajukan permohonan kepada bapak Kasal agar KRI Semarang-594 dapat membantu Provinsi Riau. Kami tentunya atas nama pemerintah provinsi, masyarakat, dan tim satgas penanganan Covid-19 Riau, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada bapak Kasal melalui Panglima Komando Armada 1," ujar Syamsuar.