Upayakan Destinasi Wisata Baru, Solo Gelar Atraksi Budaya Prajurit Keraton untuk Gaet Wisatawan

Sindy Aprilia Dwiyanti
44 view
Upayakan Destinasi Wisata Baru, Solo Gelar Atraksi Budaya Prajurit Keraton untuk Gaet Wisatawan
Gambar : Solopos.com

DATARIAU.COM - Pemeritah Kota (Pemkot) Solo memiliki destinasi wisata baru berupa atraksi budaya prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadining.

Event baru itu dilaunchingoleh wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo, di Kori Kamandungan kompleks Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu (6/11).

“Sesuai perintah Presiden Jokowi daerah harus kreatif bikin destinasi wisata baru. Salah satunya atraksi budaya prajurit Keraton Solo,” ujar Angela.

Menurutnya, dengan cara mengedepankan kearifan lokal masing-masing daerah ini harapannya bisa menarik wisatawan domestik maupun internasional untuk semakin mengenal budaya bangsa. Inovasi ini harus dilakukan supaya wisatawan punya banyak pilihan.

“Inovasi wisata kita serahkan masing-masing daerah sehingga bisa menjadi ciri khas daerah tersebut,” tutur dia.

Angela berharap dengan ini bisa menarik wisatawan domestik maupun internasional untuk semakin mengenal budaya bangsa serta menjadi sarana edukasi.

Dalam event tersebut, Keraton Surakarta menampilkan sejumlah atraksi para prajurit keraton yang terdiri dari Prajurit Joyosuro, Ngarso Kedaton, Margo Utomo, Sorogeni, dan Nayoko Projo secara cakap mempertontonkan tarian demi tarian hingga formasi perang siaga.

Tampil langsung di depan Sri Susuhunan Pakubuwana XIII sekitar satu jam, mereka mempertontonkan sejumlah atraksi yang jarang dilihat oleh publik ini.

KGPH Dipokusumo mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang telah memberikan wadah kepada para prajurit Keraton Surakarta. Dengan ini prajurit dapat menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat.

“Dengan ini masyarakat jadi lebih tahu jika keraton punya banyak kesenian dan prajurit yang bisa diandalkan pada waktu itu,” jelasnya. (*)

Source : timlo.net

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)