Momen Idul Adha 1442 H, PD IWO Inhil Laksanakan Kurban 2 Ekor Hewan

Izon
34 view
Momen Idul Adha 1442 H, PD IWO Inhil Laksanakan Kurban 2 Ekor Hewan

TEMBILAHAN, Datariau.com - Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) membagikan daging kurban kepada warga dari rumah ke rumah atau door-to-door, Kamis (22/7/21) siang di Sekretariat PD IWO Inhil, Jalan Suntung Ardi, Tembilahan.

Pembagian daging kurban dilakukan seusai penyembelihan 2 hewan kurban yang terdiri atas 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing dalam momen Idul Adha 1442 Hijriyah.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Qurban Idul Adha 1442 Hijriyah PD IWO Inhil, Abdullah, hewan-hewan kurban tersebut berasal dari sumbangsih dari beberapa orang yang berniat untuk menjalankan ibadah kurban melalui PD IWO Inhil.

"Kami memfasilitasi, melaksanakan pemotongan, mempersiapkan acara sekaligus menyalurkan. Ini semua sumbangsih dari beberapa orang," tutur Abdullah usai penyembelihan.

Sebelum penyembelihan dilaksanakan, diungkapkan Abdullah, PD IWO Inhil bersama para peserta kurban menggelar doa bersama di Sekretariat PD IWO Inhil, Tembilahan.

Selain itu, Abdullah mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan beberapa waktu menjelang hari penyembelihan.

"Kalau persiapan sudah lama, mulai dari pembentukan panitia sampai hal-hal teknis lainnya yang melibatkan seluruh pengurus PD IWO Inhil," kata Abdullah.

Sementara, Ketua PD IWO Inhil, Muridi Susandi mengungkapkan, momen Idul Adha tahun ini merupakan kali pertama pelaksanaan kurban oleh PD IWO Inhil.

"Alhamdulillah, tahun ini kami IWO Inhil bisa menyalurkan hewan kurban kepada warga sekitar. Ini perdana sejak IWO Inhil berdiri," kata pria yang akrab disapa Sandi itu.

Sandi menuturkan, hewan kurban yang disembelih merupakan sumbangsih dari sejumlah peserta kurban. Dia juga menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh peserta kurban PD IWO Inhil.

"Kami mengapresiasi keikutsertaan para dermawan ini dalam pelaksanaan ibadah kurban tahun ini. Dengan begitu, kita bisa berbagi kebahagiaan dengan sesama," kata Sandi.

Sandi berharap, tahun depan PD IWO Inhil dapat kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan jumlah yang lebih banyak dan mendorong keikutsertaan segenap pengurus PD IWO Inhil. Dia menuturkan, pihaknya akan melaksanakan pengelolaan dana kurban calon peserta yang berasal pengurus PD IWO Inhil.

"Semoga di tahun mendatang kita bisa meningkatkan jumlah hewan kurban sehingga pembagian daging kurban bisa lebih merata kepada masyarakat. Insya Allah, kita juga akan mempersiapkan partisipasi pengurus PD IWO Inhil sebagai peserta kurban," jelas Sandi.

Menurut Sandi, pembagian daging kurban kepada warga dari rumah ke rumah atau door-to-door menjadi opsi di tengah pandemi Covid-19 untuk menghindari kerumunan.

"Kita bersepakat untuk membagikannya dari rumah ke rumah dan tidak menyebar kupon daging kurban untuk menghindari kerumunan dan mencegah penularan Covid-19. Kerumunan yang terjadi sangat rentan akan penularan Covid-19," jelas Sandi.

Untuk diketahui, dalam momen kurban ini, PD IWO Inhil juga melaksanakan aqiqah bagi salah seorang anak yatim yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Untuk satu ekor kambing itu, kita laksanakan aqiqah bagi saudara kita, adek kita yang merupakan anak yatim. Mudah-mudahan bisa diterima niatan ibadah ini, Aamiin," tutup Sandi.

Usai doa bersama, PD IWO Inhil melaksanakan pemotongan hewan kurban dibantu warga sekitar lokasi Sekretariat PD IWO Inhil.

Tampak hadir para peserta kurban menyaksikan proses pemotongan hewan kurban dan peserta Aqiqah, yakni sebagai berikut:

1. Kepala Kesbangpol Kabupaten Indragiri Hilir, Azwizarmi

2. Kepala Bank Riau Kepri, Herry Saputra MAM

3. Manajer ULP PLN Tembilahan, M Hosen

4. AKP (Purn) Warno

5. Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Indragiri Hilir, Marlis Syarif

6. H Ardiansyah

7. Kepala Desa Pasir Mas, Abdul Rahman

8. Kamsiyah Binti Abdul Rahman

9. Kamsiyah Binti Jafareng.(zon)

Penulis
: Izon
Editor
: izon
Sumber
: Datariau.com