Menuju Indonesia Sehat, Presiden Jokowi Mengajak Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Intan Sukma Lena
73 view
Menuju Indonesia Sehat, Presiden Jokowi Mengajak Hidup Berdampingan dengan Covid-19
Sumber Foto : Instagram @jokowi

DATARIAU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau kepada seluruh masyarakat agar bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Jokowi menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 akan berubah menjadi Endemi, yang ditulis dalam unggahan akun Instagram pribadinya @jokowi, Senin (27/9).


"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama," tulisnya.


Jokowi menuturkan bahwa hampir dua tahun Indonesia berusaha keras dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ia menilai kondisi Indonesia saat ini sudah beranjak membaik dalam waktu beberapa tahun terakhir.


Mantan Wali Kota Solo itu menyebut kondisi yang membaik tercermin dari keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) yang mulai menurun.


"Rumah-rumah sakit tak lagi disesaki pasien Covid-19, pusat-pusat isolasi mandiri di berbagai kota di tanah air mulai melonggar," ujar Jokowi.


"Status level PPKM di berbagai daerah sudah turun, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata, mulai dibuka, dan sekolah-sekolah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka," lanjutnya.


Menurut Jokowi, hal ini tidak lepas dari penerapan PPKM, Vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Namun Jokowi tetap menghimbau agar seluruh masyarakat tetap waspada terhadap oenularan Covid-19, meski sudah banyak diberi kelonggaran dalam beraktivitas.


"Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita," pungkasnya.(*)

Source :cnnindonesia.com