Masuk Zona Hijau, Bupati Meranti HM Adil: Boleh Laksanakan Idhul Adha dan Kurban dengan Syarat Prokes

Ruslan
102 view
Masuk Zona Hijau, Bupati Meranti HM Adil: Boleh Laksanakan Idhul Adha dan Kurban dengan Syarat Prokes
Foto: Syahputra

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH adakan Rapat Kordinasi bersama Forkofimda dan Rombongan Pemkab terkait Rakor Penanggulangan Covid-19 dalam menyambut Idul Adha 2021, Senin (05/07/2021).

Hari ini Bupati Meranti beserta jajaran Forkompinda dan Kepala OPD adakan rapat kordinasi, dalam hal menyambut hari raya Idhul Adha serta melakukan langkah-lankah agar tidak terjadi claster Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam rapat tersebut Bupati Meranti H Muhammad Adil menyampaikan terkait sholat idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dalam rapat tersebut Bupati meminta informasi zona yang ada di Meranti sebelum mengambil sikap.


Hal tersebut ditanggapi langsung oleh Dr Misri mewakili jubir, hari jni seluruh Kelurahan sekarang zona hijau, kecuali Kecamatan Tebingtinggi masuk dalam zona kuning, kalau kita lihat secara keseluruhan zona Kabupaten adalah Oren dan untuk Kabupaten Meranti situasi saat ini sangat baik. Kemudian untuk melaksanakan sholat di halaman Kantor Bupati mungkin tidak jadi masalah asalkan dengan mematuhi (PROKES).

Kemudian tanggapan dari Koramil 02 bahwa, kita lihat saat ini sesuai zona yang kita ketahui bahwa pada kesimpulan tergantung Bupati Meranti bagaimana baiknya dan Danposal juga melayangkan hal yang sama tergantung kepala daerah kalaupun akan mengadakan sholat Idul Adha hendaknya berbatas maksimal 50 dengan Protokol Kesehatan.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad SH menyimpulkan bahwa Idul Adha tetap dilaksanakan asalkan dengan syarat menjaga protokol kesehatan, dan untuk di Desa-Desa terkait pemotongan hewan kurban untuk hansip, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa mohon dapat mengawasi agar tidak terjadi kerumunan. Kemudian setiap OPD boleh berkurban kalau seandainya sapi laki-laki mahal silahkan beli yang betina yang sudah tidak produktif lagi sesuai kemampuan OPD.

Kemudian PLT Kabag Kesra mengatakan bahwa, "Hari ini dari kita akan menyediakan 3 Ekor Sapi dan saya minta agar setiap OPD tidak menentukan jumlah dan tempat, mohon kordinasi kepada kita agar berjalan dengan baik terkait pemotongan hewan kurban," ungkapnya.

"Saya mintak dalam melaksanakan Idhul Adha tim gabungan Satgas agar dapat mentertibakan masyarakat yang melaksanakan kurban serta sholat agar dapat mematuhi PROKES (Protokol Kesehatan) agar tidak terjadinya keruman yang mengakibatkan terpapar Covid-19, kemudian hari ini kita lihat dari kondisi Zona yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti sehingga membolehkan kurban serta melakukan sholat Idhul Adha dengan mematuhi Protokol Kesehatan," ungkapH Muhammad Adil SH. (put)

Penulis
: Syahputra
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com