Masjid di Kuala Enok Ambruk Terseret Arus Air Laut

Ruslan
768 view
Masjid di Kuala Enok Ambruk Terseret Arus Air Laut
Foto: Rahmat Asyura
Kondisi masjid ambruk dan tergenang air laut.

INHIL, datariau.com - Masjid Nurul Jalal yang merupakan tempat ibadah umat Islam yang terletak di kelurahan Kuala Enok, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir rusak terseret arus sungai pada Rabu 10 November 2021 lalu.

Masjid ini menjadi ikon daerah setempat karena keunikan bangunan yang sekilas berdiri di atas laut.

Kejadian diperkirakan disebabkan oleh kondisi alam yang memicu terjadinya abrasi. Ditambah lagi dengan arus pasang surut air lain yang kencang membuat bagian belakang masjid terseret hingga ambruk.

Menurut kesaksian salah seorang warga Reza Zanuary, kejadian bermula saat air sungai sangat surut sekitar pukul dua dini hari.

Terdengar hentaman ombak yang menerjang pasak masjid yang sudah tidak kuat menahan beban masjid, sehingga meruntuhkan bagian belakang masjid.

“Kejadiannya waktu air surut kering, ya sekitaran jam 02:20 wib tedengar 3 kali hantaman di bawah masjid, setelah itu langsungm ambruk," kata Reza.

Sebanyak 4 saff bagian belakang masjid terseret air laut, namun alhamdulillah bagian depan masjid masih bisa digunakan untuk sholat berjamaah sementara waktu, akan tetapi kondisi masjid terlihat mengkhawatirkan.

Setelah kejadian, pengurus masjid beserta masyarakat sekitar mengambil langkah inisiatif untuk membangun masjid baru. Dengan menggunakan 20 titik pasak bumi untuk menyesuaikan kontur tanah agar lebih kokoh, diharapkan bangunan masjid dapat diselesaikan segera.

“Membuat kondisi masjid darurat untuk tetap melaksanakan Ibadah shalat. Kemudian melanjutkan pembangunan masjid terapung yang baru yang sudah terpasang pasak bumi di sebelah masjid lama," ujar Anggga Prasetya salah seorang pengurus masjid.

Pengurus masjid juga membuka rekening infak dan wakaf menyelesaikan pembangunan masjid ini atas nama Masjid Nurul Jalal dengan nomor rekening BRI 557201000307533.

Semoga infak dan wakaf yang disumbangkan dapat merampungkan masjid dengan segera dan menjadi amal jariyah bagi penyumbang. (mat)

Penulis
: Rahmat Asyura
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com
Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)