ETLE Polda Riau Dinilai Efektif Tertibkan Pengendara Jalan

Ruslan
98 view
ETLE Polda Riau Dinilai Efektif Tertibkan Pengendara Jalan
Foto: Abdul Hadi
ETLE milik Polda Riau dinilai efektif dalam menertibkan pengendara di jalan. 

PEKANBARU, datariau.com - Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau teknologi kamera pengawas milik Polda Pekanbaru dinilai efektif dalam menertibkan pengendara di jalan. Hal itu disampaikan oleh salah satu pengendara, Fahmi pada Kamis (21/10/2021).

Menurut Fahmi, ETLE memungkinkan bagi polisi lalu lintas melakukan penilangan melalui kamera pengawas yang dipantau berkala. Hal ini memudahkan polisi karena tidak harus lagi turun ke lapangan untuk melakukan penindakan pelanggaran.

“Tilang elektronik ini bagus soalnya petugas enggak capai-capai turun ke jalan. Menengok mana pengendara yang melanggar atau enggak. Kalau misalnya ada petugasnya itu enggak semua terjaring. Tapi kalau misalnya ada kamera ginikan semuanya bisa nampak gitu di kamera pengawas itu,” jelasnya.

Melalui inovasi tersebut, Fahmi menerangkan bila ETLE juga lebih memudahkan bagi masyarakat jika melakukan pelanggaran. Terlebih, jika dalam keadaan mendesak.

“Lebih efektif tilang elektronik enggak repot. Misalnya lagi buru-buru jadi enggak makan waktu lagi. Lebih simpel langsung sistemnya yang ngasih tahu,” ucapnya.

Fahmi meneruskan, ETLE secara tidak langsung dapat membuat dirinya menjadi pengendara yang taat di jalan. Walaupun tidak adanya polisi yang menertibkan lalu lintas di wilayah ETLE tersebut.

“Pertama kali nengok itu iya takut kayak ini kalau misalnya lewat kemari harus pakai helmlah minimal. Ada rasa takut kayak lebih patuh,” tuturnya.

Dibalik kemudahan itu, Fahmi memberikan catatan terkait banyaknya ditemukan pengendara yang melanggar ketentuan berlalulintas meskipun ada ETLE. Lebih lanjut, sejauh ini ia mengaku belum menemukan orang-orang yang terkena sanksi ETLE.

“Kadang-kadang ngelihat pengendara yang enggak pakai helm atau spion yang enggak lengkap. Ya itu enggak tau gimana waktu ke rumah atau surat tilangnya gitu,” tuturnya.

Ia juga berharap, ETLE yang telah ada di beberapa titik jalan di Pekanbaru dapat diperbanyak untuk lebih mempermudah tugas polisi. Selain itu, melakukan sosialisasi ke masyarakat agar dapat mengetahui ETLE.

“Kamera pengawasnya itu ditambah. Terus sosialisasi ke masyarakat itu juga diperluas jadi masyarakat tahu kalau sudah mulai aktif tilang elektroniknya,” tutupnya. (dul)

Penulis
: Abdul Hadi
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com