Dinsos Pekanbaru Validasi Data Penerima Bantuan PKH

datariau.com
598 view
Dinsos Pekanbaru Validasi Data Penerima Bantuan PKH

PEKANBARU, datariau.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru mengklaim bahwa data penerima manfaat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) terus dilakukan pendataan ulang. Validasi ini dilakukan lantaran ada perubahan data penerima program tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, H Idrus memaparkan, di akhir tahun 2021, data jumlah penerima bantuan program PKH di Kota Pekanbaru ada sebanyak 13.098 orang.

Sementara, untuk di pertengahan tahun 2022, jumlah penerima bantuan PKH mulai berkurang menjadi 13.050 orang.

"Data terakhir untuk penerima bantuan PKH ini berjumlah 12. 255 orang. Jadi dalam satu tahun itu berkurang hampir 1.000 orang. Ini menandakan bahwa penerima PKH yang selama ini layak mendapatkan bantuan, tapi ekonominya mulai meningkat itu dikeluarkan dari penerima PKH sehingga sekarang ini tinggal 12.255 orang," kata Idrus, Ahad (5/2/2023).

Idrus menyampaikan, ada sebanyak 65 petugas pendamping PKH yang melakukan pendataan bagi warga yang layak atau tidak untuk menerima program bantuan PKH di Kota Pekanbaru.

"65 pendamping PKH ini memegang sekitar 200 hingga 250 orang penerima bantuan PKH yang dibina dan diawasi. Jadi pendamping PKH inilah yang menentukan siapa yang layak menjadi peserta PKH atau tidak," ujarnya.

Selain melakukan pendataan, para pendamping PKH ini juga memiliki tugas untuk mengawasi penyaluran seluruh bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Kalau bantuan berupa uang, itu langsung ke bank yang ditunjuk. Jadi langsung masuk ke rekening bersangkutan. Sementara, bantuan yang berbentuk barang itu ada melalui bank dan juga ada melalui PT Pos Giro," tambah Idrus. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Tag:DinsosPKH
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)