Dalih Jemput Handphone, Pria ini Ditangkap Polsek Minas Usai Bawa Kabur Sepeda Motor Korban

Hermansyah
583 view
Dalih Jemput Handphone, Pria ini Ditangkap Polsek Minas Usai Bawa Kabur Sepeda Motor Korban
Pelaku MS (42) diamankan di Mapolsek Tualang.

SIAK, datariau.com - Unit Reskrim Polsek Minas Polres Siak mengamankan seorang pria berinisial MS (42) kedapatan membawa kabur sepeda motor korban dengan dalih hendak menjemput handphone di counter Kelurahan Minas Jaya.

Dimana pelaku ini merupakan warga Paranginan Sumatera Utara yang diketahui membawa kabur 1 unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter Z1 platform BM 2354 SAA.

Berdasarkan informasi sebelumnya, peristiwa ini berawal saat MS (42) yang berada di loket bus Eldivo Simpang Perawang, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (17/5/2023) sekira pukul 09.00 WIB, lalu meminjam sepeda motor kepada korban bernama JSS (52).

Dikatakan Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK melalui Kapolsek Minas AKP Wan Mantazakka SH MH saat itu, menurut keterangan JSS (52), sempat terjadi penolakan untuk memberikan sepeda motor tersebut kepada MS.

Namun MS terus berusaha untuk meyakinkan JSS bahwa dia (MS) hanya ingin meminjam sepeda motor itu sebentar, hingga akhirnya JSS pun menyerahkan kunci kontak sepeda motor tersebut kepada MS.

Berselang 2 jam kemudian, MS tak kunjung kembali, dikarenakan terlalu lama menunggu, dimana MS ini juga tidak memiliki handphone untuk dihubungi, akhirnya JSS berinisiatif untuk mendatangi rumah salah seorang saksi berinisial WBT (35), yang mana MS pernah tinggal di rumah WBT tersebut.


Kapolsek Minas mengatakan, saat WBT ditemui JSS dan bertanya kepadanya, "Lae, ada MS, dibawanya motorku, sudah hampir tiga jam tidak balik dia," tanya JSS. "Tidak ada Lae," kata Wan Mantazakka menirukan percakapan keduanya.

"Walaupun sudah berupaya untuk mencarinya, JSS tak kunjung mendapatkan kabar keberadaan MS saat itu, hingga akhirnya informasi tersebut diberitahu kepada masyarakat dan pihak bus Eldivo saat itu," jelas Kapolsek Minas AKP Wan Mantazakka SH MH.

Atas kejadian tersebut, korban pun mengalami kerugian yang diperkirakan berkisar Rp27.300.000. Kemudian korban pun melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Minas guna pengusutan lebih lanjut.

Dijelaskan Wan Mantazakka, Rabu (24/5/2023) sekira pukul 13.00 WIB, Polsek Minas mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa MS tengah berada dalam bus Eldivo yang menuju ke Minas.

Mendapati informasi tersebut, pada Kamis (25/5/2023) sekira pukul 02.00 WIB, Unit Reskrim Polsek Minas pun langsung bergerak cepat untuk memberhentikan bus Eldivo yang melewati Kecamatan Minas saat itu.

"Benar saja, setelah dilakukan pengecekan oleh tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Minas ke dalam bus Eldivo yang diberhentikan, terlihat terduga pelaku sedang berada di dalamnya hendak kabur menuju Medan," ujar Kapolsek Minas.

"Selanjutnya, MS pun dibawa dan diamankan ke Mapolsek Minas guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Atas perbuatan pelaku MS ini dapat disangkakan dengan Pasal 372 KUHPidana," pungkasnya.(***)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)