Bupati Siak Sampaikan Hal Penting Saat Rapat Forkopimda

Hermansyah
660 view
Bupati Siak Sampaikan Hal Penting Saat Rapat Forkopimda
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi pimpinan rapat bersama Forkopimda dan OPD di lingkungan Pemkab Siak.

SIAK, datariau.com - Pemkab Siak melaksanakan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, di Balairung Datuk Empat Suku, Komplek Perumahan Abdi Praja, Kamis (25/5/2023).

Rapat ini dilaksanakan setiap tahunnya, yang membahas terkait isu terkini yang terjadi di daerah. Selanjutnya, isu tersebut, ditindaklanjuti serta di ambil langkah-langkah dalam penangananya.

Rapat ini turut diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, Dandim 0322/Siak, Kapolres Siak, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hendrisan, Asisten Administrasi dan Umum Jamaluddin, Kabag di lingkungan Setda Siak, Kadis di lingkungan Pemkab Siak, Kepala BPBD Siak, Perwakilan BKSDA serta seluruh Camat se-Kabupaten Siak.

Bupati Siak Drs H Alfedri MSi saat memimpin rapat itu, menyampaikan ada tiga persoalan yang harus di sikapi dengan serius.

Pertama, keberadaan hewan buas (harimau) yang beberapa lalu terjadi konflik dengan manusia, selanjutnya karhutla dan fenomena cuaca ekstrim dan persiapan pelepasan jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Siak.

”Konflik harimau sumatera dengan manusia yang terjadi beberapa waktu lalu, dan penampakannya di sekitar Siak atau di area yang tidak jauh dari pemukiman masyarakat," kata Alfedri.

"Tentunya menjadi perhatian kita bersama, karena hewan ini hingga kini belum tertangkap dan belum terdeteksi keberadaannya, tentu ini sudah meresahkan warga," sebut Bupati Siak.

Alfedri juga menambahkan terkait pencegahan karhutla dan cuaca ekstrim, semua pihak untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan kepada masyarakat.

"Berkaitan dengan karhutla, saya menghimbau kita semua pihak terutama Camat selalu melakukan sosialisasi atau membuat spanduk imbauan bagi masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar, karena cuaca panas yang terjadi beberapa minggu terakhir fenomena cuaca ekstrelom," ujarnya.

Berkaitan isu karhutla, Bupati Siak mengatakan upaya Pemkab Siak, telah mengeluarkan surat edaran dan imbauan Bupati Siak terkait pencegahan karhutla melalui Keputusan Bupati Siak tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla Kabupaten Siak Tahun 2023.

Bupati Siak juga memerintahkan seluruh Camat di Kabupaten Siak untuk berkoordinasi dengan KUA dan pihak-pihak terkait kesiapan keberangkatan jamaah calon haji yang ada di kecamatan se-Kabupaten Siak tahun 2023.

Untuk keberangkatan JCH pertama tergabung pada kloter 15 berjumlah 200 orang yang akan diberangkatkan pada 2 Juni 2023 selesai sholat Jumat, setelah diadakannya acara ceremoni pelepasan keberangkatan menuju Provinsi Riau.

Selanjutnya, pada besok harinya jamaah calon haji akan dilepas oleh panitia ibadah haji Provinsi Riau sekira pukul 09.30 WIB, untuk diberangkatkan ke Batam, mereka bergabung dengan jamaah calon haji lainnya.

"Kami ingin seluruh elemen yang terlibat pada keberangkatan jamaah calon haji asal Kabupaten Siak untuk segera berkoordinasi terkait keberangkatan, dan untuk Dishub saya minta segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar nanti pada hari H keberangkatan dapat berjalan lancar," ujarnya.(***)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)