Bupati Kampar Panen Sayur P2L Sei Lambu Makmur

Datariau.com
68 view
Bupati Kampar Panen Sayur P2L Sei Lambu Makmur

KAMPAR, datariau.com - Atas kesuksesan Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki di Desa Sei Lambu Makmur pada program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), terbukti telah dapat memberikan manfaat bagi petani dan keluarga, bahkan telah dijual ke masyarakat. Tentunya jika ini dikelola dengan baik tak mustahil petani akan menjadi maju dan sejahtera.

"Apalagi saat ini sedang dilanda Pendemi Covid-19 semua aspek terkena dampaknya, namun tidak halnya dengan pertanian dimana tetap dapat berproduksi, namun terkendala pada pemasaran, hal ini tentu dapat dicarikan solusinya oleh kelompok tani ataupun berkoordinasi dengan instansi terkait, namun sampai saat ini kebutuhan akan sayuran tetap tinggi," kata Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH, usai melakukan panen sayuran di Kebun KWT Desa Sei Lambu Makmur Kecamatan Tapung, Senin (2/8/2021).

Pada panen tersebut Bupati Kampar didampingi oleh Anggota DPRD Kampar Sei Rahayu, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Ir Cokroaminoto, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril SSTP, Camat Tapung Amri Yudo, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kampar Marahalim SPT dan para Kepala Bidang, Kepala Desa Sei Lambu Makmur Kawit Hudi Antoro dan kelompok Tani Wanita Desa Sei Lambu Makmur.

Dikatakan Catur bahwa program ini untuk dapat memberikan akan ketersedian terhadap pemenuhan kebutuhan konsumsi keluarga akan sayur, sehingga tidak lagi membeli.

"Oleh sebeb itu harapan kami agar setiap keluarga agar mau memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayuran yang sehari-hari kita konsumsi seperti, sayuran sawi, kangkung, cabe, kacang panjang ataupun sayuran lainnya," kata Catur lagi.

Pemerintah Kabupaten Kampar mendukung perkembangan pertanian di Kabupaten Kampar dengan memanfaatkan rumah bibit yang dapat disebar ke kelompok lain.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir Cokroaminoto menyampaikan bahwa program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini merupakan suatu konsep display dari program Ocu Mapan yang saat ini telah dimanfaatkan dan dinikmati langsung oleh masyarakat.

"Baik untuk dikonsumsi langsung oleh keluarga dan juga sudah diperjualbelikan dari hasil panen sayuran tersebut, baik itu sayuran sawi, kangkung, bayam, terong maupun kacang panjang, Alhamdulillah hasil panen melimpah dan banyak dinikmati dan disukai oleh para konsumen," kata Cokro.

"Kita telah melakukan pembinaan di desa-desa, harapan tentunya ini akan memberikan manfaat bagi keluarga minimal untuk pemenuhan kebutuhan," tambahnya.

Sementara itu Kepala Desa Sei Lambu Makmur Kawit Hudi Antoro menyampaikan ucapan dan apresiasi kepada Bupati Kampar dan Dinas Ketahanan Pangan Kampar yang telah melakukan pembinaan di kelompok tani di Desa Sei Lambu Makmur. "Tentunya ini menjadi penyemangat bagi kami untuk lebih baik lagi," kata Kawit. (das/kmf)

Penulis
: Mirdas Aditya
Editor
: Riki Rahmat
Sumber
: Datariau.com
Tag:sayur