BPD Desa Tarai Bangun Datangi Setiap TPS, Catat Jumlah Undangan dan Pastikan Jumlah Pemilih Pilkades 2021

Admin
102.228 view
BPD Desa Tarai Bangun Datangi Setiap TPS, Catat Jumlah Undangan dan Pastikan Jumlah Pemilih Pilkades 2021
Foto: Ist.
9 Orang Anggota BPD saat foto bersama dengan Ketua TPS dan Bhabinkamtibmas dalam agenda kunjungannya di TPS tersebut.

TAMBANG, datariau.com - Badan Permusyawaratan Desa atau BPD Desa Tarai Bangun melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemungutan suara Pilkades di semua TPS yang ada di Desa Tarai Bangun, Rabu 24 November 2021.

Sebelum melaksanakan tugas pengawasan ke seluruh TPS, BPD Desa Tarai Bangun terlebih dahulu melaksanakan rapat internal di Kantor Desa Tarai Bangun, dipimpin langsung oleh Ketua BPD Mardiyus SPd, didampingi Wakil Ketua BPD Azri Naldi SSos bersama Sekretaris BPD Riki Rahmat SIKom, dihadiri para Anggota BPD Andi Saputra SSos, Nofra Yeldi, Yovi, Armayanis SPt, Riwanto, dan Berlin Krisna Nasution.

Dengan menggunakan dua unit mobil, Anggota BPD yang berjumlah 9 orang bersama-sama mendatangi satu persatu TPS dari Dusun 1 hingga Dusun 4, yang total keseluruhan berjumlah 26 TPS, guna melakukan pengawasan serta memantau pelaksanaan pemungutan suara Pilkades Serentak Bergelombang tahun 2021. Di setiap TPS, BPD mencatat berapa undangan tersampaikan ke masyarakat, berapa DPT dan memantau penerapan protokol kesehatan di TPS.

Pemantauan ini dilakukan mulai pukul 09.00 WIB, dimulai dari TPS terdekat dari Kantor Desa yaitu TPS 16 di Dusun 3 tepatnya di SDN 021 Tambang, terdapat 499 DPT di TPS ini, menurut ketua KPPS TPS 16 Kairul Azmi, ada lebih kurang 300 undangan yang disebarkan kepada masyarakat, selebihnya tidak ditemukan alamat serta kendala lainnya sehingga undangan memilih tidak tersampaikan kepada masyarakat. Kemudian penerapan protokol kesehatan di TPS ini sudah bagus.

Tempat kedua yang dikunjungi BPD adalah TPS 15 yang berlokasi di dekat Lapangan Voly Jalan Abadi, masih di Dusun 3. Ada 499 DPT di TPS ini, menurut Ketua KPPS Andri Juni Warman, undangan yang berhasil diantarkan ke masyarakat sebanyak 368 undangan, selebihnya undangan tidak sampai dikarenakan beberapa kendala umum seperti alamat tidak ditemukan dan lainnya.

Kemudian BPD bergerak menuju TPS 1 yang berada di Simpang 4 Tarai depan Pasar Minggu Dusun 1, terdapat 499 DPT di TPS ini, menurut Ketua KPPS Amir Husin, undangan yang tersalurkan tidak mereka catat sehingga BPD tidak mendapatkan data di TPS ini terkait jumlah undangan yang tersalurkan dan yang tidak tersalurkan, namun dari pantauan di TPS, antusias warga memilih di sini sangat ramai.

Selanjutnya BPD bergerak menuju TPS 2 di Perumahan Mitra Garden yang masih wilayah Dusun 1. Terdapat 496 DPT di TPS ini, menurut Ketua KPPS Sujono, mereka tidak mencatat berapa jumlah undangan yang disebar. Penerapan prokes di TPS sudah bagus dan saksi calon hadir.

Kemudian BPD melanjutkan pemantauan ke TPS 3 di Perumahan Mahkota Riau Jalan Suka Karya, terdapat 499 DPT di TPS ini. Menurut Ketua KPPS Riyadi Agus, undangan yang berhasil disampaikan kepada masyarakat sebanyak 287, selebihnya tidak sampai dikarenakan berbagai kendala seperti alamat tidak ditemukan ataupun sudah ada yang meninggal dunia. Kemudian saksi calon nomor 2 tidak ada di TPS ini.

BPD kemudian menuju ke TPS 4 di Perumahan Tarai Damai. Dari pemantauan dan konfirmasi BPD kepada Ketua KPPS TPS 4 Syafri, terdapat 483 DPT di TPS ini, kemudian undangan tersalurkan sebanyak 350. Saksi calon nomor 2 tidak ada di TPS ini. Penerapan protokol kesehatan sudah bagus.

BPD bergerak ke TPS 6 yang berada di Perumahan Graha Bangun Permai. Terdapat 498 DPT di TPS ini, menurut Ketua KPPS TPS 6 Anton, undangan pemilihan disampaikan kepada masyarakat hampir semuanya, hanya beberapa saja yang tidak ditemukan. Penerapan protokol kesehatan di TPS 6 juga cukup baik. Saksi semua calon Kades ada di sini.

Selanjutnya BPD menuju TPS 5 di Masjid Al Muqarribin yang masih di Kompleks Perumahan Graha Bangun Permai. Di TPS 5 ini terdapat 498 DPT, dikatakan Ketua KPPS Zulkarnaini, sebanyak lebih kurang 350 undangan tersampaikan kepada masyarakat. Kemudian di TPS ini saksi calon nomor urut 2 tidak ada. Penerapan protokol kesehatan sudah bagus.

Kemudian BPD menuju TPS 8 di Jalan Karya Masa, terdapat 499 DPT di TPS ini, menurut Ketua KPPS Dedi Damhudi, undangan yang tersalurkan kepada masyarakat ada sebanyak 318, saksi calon lengkap, protokol kesehatan juga terpenuhi dengan baik.

Kemudian BPD menuju TPS 7 yang masih berada di Jalan Karya Masa tepatnya di Perumahan GTA. Ada 498 DPT di TPS ini, dijelaskan Ketua KPPS Iskandar, bahwa undangan pemilih yang tersalurkan kepada masyarakat sebanyak 233, saksi calon nomor 2 tidak ada, protokol kesehatan terpenuhi dengan baik.

Berlanjut BPD menuju ke TPP 9 di Perumahan Bintungan 5, di TPS ini ada 498 DPT, menurut Ketua KPPS TPS 9 Denny Rachman bahwa undangan yang tersalurkan ke masyarakat sebanyak 350, saksi calon di TPS ini lengkap dan protokol kesehatan terpenuhi.

Selanjutnya BPD menuju TPS 10 yang merupakan TPS terakhir di Dusun 1, berada di Jalan Teropong. Dikatakan Ketua KPPS TPS 10 Amril bahwa ada 499 DPT di TPS ini, undangan berhasil disampaikan sebanyak lebih kurang 240, protokol kesehatan kurang memadai dimana tidak adanya tempat cuci tangan, hanya disediakan hand sanitizer, untuk saksi calon semuanya hadir.

Masuk ke Dusun 2, BPD bergerak menuju TPS 14 di Jalan Masa Karya tepatnya MTS Humairo, terdapat 498 DPT, menurut Ketua KPPS Zulfahmi sebanyak 274 undangan berhasil disampaikan ke pemilih, selebihnya terkendala berbagai hal. Kemudian protokol kesehatan memadai, semua saksi calon hadir.

BPD kemudian lanjut ke TPS 13 di Masjid Darul Iman yang masih di Jalan Masa Karya, di TPS ini terdapat 498 DPT, dikatakan Ketua KPPS Rasman, sebanyak 286 undangan berhasil disampaikan kepada pemilih. Di TPS ini saksi calon nomor urut 2 tidak ada, penerapan protokol kesehatan sudah bagus.

BPD lanjut ke TPS 12 yang masih berada di Jalan Masa Karya, terdapat 498 DPT di TPS ini, kata Ketua KPPS TPS 12 Budi Kurniawan, undangan pemilih yang berhasil tersampaikan sebanyak lebih kurang 398.

Kemudian BPD menuju TPS 11 di SDN 35 Wisma Kualu, menurut Ketua KPPS TPS 11 Karsono, jumlah DPT di TPS ini sebanyak 497, undangan tersebarkan sebanyak 261.

BPD kemudian lanjut ke Dusun 3, tepatnya di TPS 17 yang berada di Jalan Arafah. Menurut Ketua KPPS TPS 17 Ika Gustina, jumlah DPT di TPS tersebut sebanyak 498, undangan yang berhasil disampaikan kepada pemilih sebanyak 298, semua saksi calon hadir dan penerapan protokol kesehatan sudah bagus.

Karena sudah masuk waktu Dzuhur, rombongan BPD kemudian melaksanakan Shalat Dzuhur di Masjid Arafah yang berada di depan TPS 17.

Setelah shalat, BPD melanjutkan pemantauan ke wilayah Dusun IV, yaitu TPS 24 di Jalan Suka Mulia. Ketua KPPS Mansyuriadi menjelaskan ada 496 DPT di TPS 24 tersebut, dengan jumlah undangan yang berhasil disampaikan kepada masyarakat sebanyak 340.

BPD pun meneruskan pemantauan ke TPS 23, Ketua KPPS Jamalus menjelaskan ada 499 DPT di sana, undangan tersampaikan kepada masyarakat sebanyak 400. Semua saksi calon hadir, dan penerapan protokol kesehatan sudah bagus.

Lanjut ke TPS 22, Ketua KPPS Hasri Yadi menjelaskan ada 499 DPT di sana, undangan tersampaikan ke masyarakat 399. Penerapan protokol kesehatan sudah bagus dan saksi calon juga hadir.

BPD kemudian bergegas melanjutkan perjalanan ke Jalan Sukajadi, menuju ke TPS 21 di Perumahan Cendekia, Ketua KPPS Syafrudin menjelaskan ada 498 DPT, undangan tersalurkan 200. Saksi calon lengkap, protokol kesehatan juga memadai, di TPS ini sudah mulai penghitungan suara karena sudah pukul 13.00 WIB.

BPD lanjut ke TPS 20 di Bundaran Perumahan Griya Mawaddah 2 Tahap 3, Ketua KPPS Syaiful Bakhri menjelaskan ada 498 DPT, undangan tersampaikan sebanyak lebih kurang 298. Saksi calon lengkap, protokol kesehatan bagus, di TPS ini para KPPS sedang makan siang sebelum melakukan penghitungan suara.

BPD melanjutkan ke TPS 19, Perumahan Jalan Sukajadi di kediaman Ketua RW yang sekaligus Ketua KPPS Baharuddin, ada 495 DPT di TPS ini, undangan yang tersampaikan lebih kurang 295, saksi calon lengkap, protokol kesehatan memadai, di TPS ini sudah mulai melakukan penghitungan suara.

Kemudian BPD menuju Jalan Suka Ramai untuk menijau situasi di TPS 18 yang berlokasi di SDN 034, Ketua KPPS Yulfizar menjelaskan bahwa ada 499 DPT di sana, undangan tersampaikan sebanyak 374, panitia juga sudah mulai melakukan penghitungan suara.

Selanjutnya BPD menuju TPS 25 di Jalan Bupati tepatnya Perumahan Aziziah, Ketua KPPS Suharyono menjelaskan ada 497 DPT di TPS tersebut, undangan tersampaikan sebanyak lebih kurang 249, saksi calon lengkap, protokol kesehatan terpenuhi, namun yang mengejutkan saat BPD mengetahui bahwa partisipasi pemilih di TPS ini hanya 56 orang, hal ini diketahui saat BPD ikut serta menyaksikan pembukaan kotak surat suara.

Terakhir BPD kembali ke Kantor Kepala Desa Tarai Bangun, dimana di Aula Kantor Desa terdapat satu TPS yaitu TPS 26. Ketua KPPS Muhammad Ikhsan menjelaskan bahwa ada 499 DPT di TPS tersebut, undangan tersampaikan sebanyak lebih kurang 300. Di TPS ini sudah selesai penghitungan suara.

Secara keseluruhan hasil pantauan BPD terhadap semua TPS pelaksanaan pemungutan suara Pilkades Desa Tarai Bangun berjalan dengan baik. Tidak ditemukan adanya indikasi kecurangan maupun kekeliruan. (rik)


Penulis
: Riki
Editor
: Redaksi
Sumber
: Datariau.com