BNNP Aceh Musnahkan 31 Kg Sabu Senilai Rp 31 M Pakai Mesin Pengaduk Semen

Yessi Novriani
92 view
BNNP Aceh Musnahkan 31 Kg Sabu Senilai Rp 31 M Pakai Mesin Pengaduk Semen
Foto: Detik.com
Pemusnahan barang bukti narkoba oleh BNNP Aceh.

DATARIAU.COM - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, memusnahkan 31 kilogram sabu dari hasil tangkapan jaringan internasional Malaysia-Aceh.

Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam mesin pengaduk semen yang digelar di kawasan kantor BNNP Aceh pada Selasa (5/10/2021).

Kepala BNNP Aceh Brigjen Heru Pranoto mengungkapkan sabu yang dimusnahkan tersebut nilainya diperkirakan Rp 31 miliar.

“Untuk jaringan sabu ini tidak lepas dari jaringan luar tentunya, yaitu dari negara seberang. Kalau bungkusnya tidak berbeda tetap asalnya dari China. Jaringan ini memang berkaitan dengan kelompok yang ada di Malaysia,” ungkap Heru dalam konferensi pers, pada Selasa (5/10/2021).


Heru menjelaskan pengungkapan 31 kilogram sabu itu bermula dari penangkapan pengedar M di kawasan Aceh Besar. Saat diringkus M membawa 30 bungkus sabu di mobil pick-upnya. Barang haram itu dimasukkan ke Aceh melalui wilayah timur.

“Masuknya barang ini sebenarnya melalui lintas wilayah Timur. Kalau kita asumsikan satu gram sabu ini harganya Rp 1 juta, berarti kurang lebih nilainya Rp 31 miliar," ujarnya.

“Belum lagi kalau kita liat dari korban pemakai, kalau satu gramnya sudah digunakan 10 orang berarti dikalikan 31 . Sudah berapa orang korbannya, Karenanya kita sepakat bahwa tidak ada main-main lagi, para pengedar akan kita sikat habis,” tutur Heru.

BNNP Aceh juga memusnahkan sebanyak 153 kg ganja dari pelaku berinsial A, JAL, dan DF.

Pemusnahan barang haram itu turut disaksikan oleh Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar dan Rektor Universitas Syiah Kuala Samsul Rizal. (*)


Source: kumparan.com