Tahun Depan Alfedri Akan Fokuskan UMKM, Tommy Salasah Singgung Penghulu Milenial

Hermansyah
953 view
Tahun Depan Alfedri Akan Fokuskan UMKM, Tommy Salasah Singgung Penghulu Milenial
Penghulu Kampung Tualang Juprianto SSos MIp yang disebut-sebut sebagai Penghulu Milenial.

SIAK, datariau.com - Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Perawang Kecamatan Tualang, Rabu (20/11/2019) pagi. Menggelar Pelatihan 10.000 UMKM, Pelatihan Administrasi dan Manajemen Keuangan, Enterpreneurship, Akses Perbankan dan E Commerce  di Highland Hotel Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Pelatihan itu juga turut dihadiri oleh Camat Tualang Zalik Effendi SSos, Wakil Pimpinan Wilayah Pekanbaru Amal, Pemimpin Kantor Cabang BRI Perawang Tommy Salasah, SPO BRI Kanca Perawang Erizal Sukra, Penghulu Kampung Tualang Juprianto SSos MIp, Penghulu Kampung Pinang Sebatang Bambang Saputra SH dan peserta UMKM se-Kecamatan Tualang.

Menjelang berakhirnya kegiatan Pelatihan 10.000 UMKM, Rabu (20/11/2019) siang. Sekaligus peresmian sebanyak 4 unit rehab rumah atau program bedah rumah dari BRI Kanca Perawang langsung oleh Bupati Siak Drs H Alfedri MSi.

Pelatihan 10.000 UMKM, Pelatihan Administrasi dan Manajemen Keuangan, Enterpreneurship, Akses Perbankan dan E Commerce. BRI Kanca Perawang sengaja mendatangkan tutor berpengalaman agar pelaku UMKM tersebut dapat berkembang dan maju.

Dari pelatihan 10.000 UMKM hingga peresmian 4 unit bedah rumah oleh BRI Kanca Perawang tentunya BRI saat ini sangat perhatian terhadap masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Tualang saat ini.

"Tentunya kegiatan ini dapat membuka peluang lapangan pekerjaan seluas-luasnya dan mengurangi angka pengangguran. Ada peraturan dengan 74 Undang-Undang yang nanti akan dipangkas untuk membuka peluang lapangan pekerjaan serta UMKM," ujar Bupati Siak Drs H Alfedri MSi.

Alfedri mengatakan, ada 74 peraturan atau Undang-Undang yang akan disederhanakan nantinya. Selain itu juga dapat mengajak BUMkam dan UMKM kedepan, dan sudah jelas dari pemerintah hingga kebawah itu ada 50 prioritas menuju Indonesia Maju.

"Kami di Siak saat ini mendorong UMKM, dari produk unggulan tadi agar dapat digunakan yang diantaranya termasuk dalam program prioritas dan program unggulan. Tentunya, pada tahun 2020 nanti saya akan fokuskan UMKM ini," jelas Alfedri.

Wakil Pimpinan Wilayah BRI Pekanbaru Amal menyebutkan, perihal program bedah rumah ini untuk kedepannya dapat dilakukan di kota-kota lainnya. "Rencana kedepan mungkin bisa di kota-kota lain nantinya," ujarnya.

Lanjutnya, sebelumnya BRI Kanca Perawang juga telah melaksanakan pelatihan 10.000 UMKM dengan mengajarkan bagaimana kedepan UMKM ini dapat berkembang oleh pelaku UMKM sendiri.

"Kita juga baru saja melaksanakan pelatihan 10.000 UMKM yang salah satunya dengan mendatangkan pakar Dr Pince Lumban Gaol, kita tidak membawa hanya mengajarkan bagaimana pembukuan UMKM," pungkasnya.

Seperti halnya yang disampaikan oleh Wakil Pimpinan Wilayah BRI Pekanbaru Provinsi Riau, hal senada juga dikatakan Pemimpin Kantor Cabang BRI Perawang Tommy Salasah menyebutkan, bahwa ada seorang yang disebutnya sebagai Penghulu Milenial.

"Penghulu Milenial ini adalah penghulu yang dapat mempresentasekan dan dapat masuk kedalam lapisan masyarakat khususnya masyarakat yang dibawah seperti usia 17 tahun maupun 25 tahun kebawah," pungkasnya.

"Pas itu tipe saya," sahut Penghulu Kampung Tualang Juprianto SSos MIp, Rabu (20/11/2019) malam.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi
Tag:Siakumkm