Kejari Kuansing Imbau Masyarakat Laporkan Kades Bermasalah

469 view
Kejari Kuansing Imbau Masyarakat Laporkan Kades Bermasalah
Foto: Int
Kasie Intelijen Kejari Kuansing, Kicky Arityanto.

TELUKKUANTAN, datariau.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan Kepala Desa (Kades) yang bermasalah kepada pihak terkait. Apalagi berkaitan dengan anggaran desa seperti bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD).

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kuansing Hadiman, SH MH melalui Kasi Intel Kicky Arityanto kepada Riau Pos, (7/6). Menurut Kicky, masyarakat jangan takut melaporkan kecurangan oleh kepala desa.

"Saat ini Kades rentan melakukan penyimpangan terhadap anggaran BLT-DD terhadap masyarakat. Masyarakat bisa melaporkan kepada pendamping desa. Denngan demikian, fungsi pendamping akan lebih terlihat. Jika takut, laporkan langsung ke sini," ujar Kicky.

Namun demikian, Kicky tetap meminta kepada para pendamping desa untuk ikut mengawasi kepala desa. Jika ada kepala desa yang melakukan penyimpangan terkait BLT-DD, pihaknya meminta untuk mengembalikan.

"Jangan main-main dengan hukum. Uang BLT itu untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Jangan disalahgunakan oleh kepala desa. Apalagi sampai ada pemotongan," tegas Kicky.

Informasi di lapangan, beberapa kepala desa di Kuansing diduga melakukan pungutan BLT tersebut. Namun, lanjut Kicky, kejaksaan belum ada menerima laporan terkait pungutan dana BLT tersebut.

"Belum ada laporan. Kemarin saya dengar ada media yang memberitakan adanya pungutan oleh salah seorang kepala desa. Kalau memang iya, kembalikan cepat. Jangan sampai bermasalah," kata Kicky. (*)

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: https://riaupos.jawapos.com/kuantan-singingi/08/06/2020/232856/kejari-jangan-takut-laporkan-kades-bermasalah.html
Tag: