Advertorial Pemko Pekanbaru

Pekanbaru Akan Miliki Sentra Kuliner Street

Datariau.com
212 view
Pekanbaru Akan Miliki Sentra Kuliner Street

PEKANBARU, datariau.com - Sebagai pusat perdagangan dan jasa, Kota Pekanbaru memiliki potensi besar untuk mengembangkan usaha perdagangan. Salah satunya yang akan diwujudkan Pemerintah Kota Pekanbaru adalah pembangunan pusat kuliner di seputar Surakaramai Trade Center tepatnya di Jalan Agus Salim.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru selaku pelaksana teknis lapangan saat ini sudah memiliki beberapa langkah strategis untuk mewujudkan itu semua.

"Saat ini di kawasan yang akan kita jadikan pusat kuliner tersebut banyak ditempati oleh pedagang kaki lima, inilah yang nanti akan kita tata supaya lokasi disini bisa menjadi lebih menarik dan tidak semrawut," ungkap Kepala Disprindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut.



Menurut Ingot saat ini di wilayah tersebut terdapat kurang lebih 353 pedagang. Mereka berjualan di atas pendestrian jalan yang dibangun di samping Sukaramai Trade Center.

Langkah pertama yang akan dilakukan Disprindag Kota Pekanbaru adalah melakukan pendataan bangunan liar maupun pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Agus Salim mulai dari simpang Jalan Sudirman hingga ke Sungai Sago.



Kemudian melakukan sosialisasi kepada para pedagang terkait akan segera direalisasikannya pembangunan kawasan kuliner di wilayah tersebut.

"Nanti sekaligus kita akan memberitahukan kepada pedagang untuk masuk ke dalam Pasar Inpres Agus Salim. Sehingga tidak ada lagi pedagang yang berjualan di atas pendesterian atau juga di bahu Jalan Agus Salim," terang Ingot.

Lebih lanjut juga pihak Disprindag akan membagi jam operasional kawasan Jalan Agus Salim pada pukul 08.00 sampai 17.00 WIB akan difungsikan menjadi pedestrian atau jalan umum. Kemudian Pukul 17.00 sampai 01.00 WIB akan difungsikan menjadi wisata kuliner malam UMKM (Kuliner Street Pekanbaru).

“Jam 01.00 sampai 08.00 akan difungsikan menjadi pasar rakyat tradisional seperti sekarang ini dengan konsep bongkar pasang lapak,” beber Ingot.

Selain itu, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru telah merancang rekayasa lalu lintas agar kawasan Jalan Agus Salim menjadi tertib, ramai dan lancar yang terintegrasi dengan kawasan Sukaramai Trade Center.



Untuk kelancaran pelaksanaan penertiban bangunan liar di sepanjang Jalan Agus Salim dari simpang Jalan Sudirman sampai jembatan Sungai Sago yang saat ini ditempati oleh pedagang, akan dilaksanakan oleh Tim Yustisi Kota Pekanbaru agar dapat difungsikan sesuai dengan rencana.



Terkait rencana ini, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas PUPR dalam ekspose-nya beberapa waktu lalu menyampaikan, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT merencanakan kawasan sepanjang Jalan Agus Salim dan sekitarnya menjadi ikon wisata baru sebagai sentra Kuliner Street Pekanbaru. (adv)