Viral, Pria Terapung di Laut Selama 2 Hari Berhasil Diselamatkan, Berikut Kronologinya

Admin
171 view
Viral, Pria Terapung di Laut Selama 2 Hari Berhasil Diselamatkan, Berikut Kronologinya

DATARIAU.COM - Sebuah video yang merekam detik-detik penyelamatan warga terapung di laut viral. Diketahui, korban yang diselamatkan merupakan warga Kebumen, Jawa Tengah.

Video detik-detik penyelamatan warga yang terapung di tengah laut viral di media sosial. Dalam video tersebut, ada tulisan yang menjelaskan bahwa warga tersebut bertahan hidup selama seminggu di tengah laut dengan hanya berpegangan pada sebilah bambu.

Setelah berhasil diselamatkan dan dievakuasi dengan kapal oleh nelayan yang sedang melaut, korban yang diketahui bernama Suryatmojo (56) atau lebih dikenal dengan nama Tega itu kemudian dibawa ke Cilacap.

Tega merupakan warga Dusun Entak Nagasari, Desa Ayam Putih, Kecamatan Bulus Pesantren, Kebumen. Setelah dibawa sampai di Cilacap, Suryatmojo pun dijemput oleh pihak keluarga yang didampingi oleh Kades dan anggota kepolisian.

Kepala Desa Ayam Putih, Slamet, membenarkan bahwa Suryatmojo merupakan warganya. Setelah viral di media sosial, ia pun berkoordinasi dengan pihak keluarga dan aparat kepolisian untuk menjemput yang bersangkutan.

"Betul, yang viral di medsos itu adalah pak Tega yang merupakan warga Desa Ayam Putih," kata Slamet saat dihubungi detikcom, Kamis (11/11/2021).

Slamet menjelaskan, terkait dengan informasi dari video yang beredar bahwa yang bersangkutan telah terapung selama seminggu adalah tidak benar.

Suryatmojo dinyatakan hilang sejak Rabu (3/11) sore dan ditemukan pada Jumat (5/11) sore mengapung di tengah laut dengan jarak sekitar 8 mil dari bibir pantai. Saat ditemukan, Suryatmojo tengah memeluk sebatang bambu sehingga dirinya tidak tenggelam.

"Hilangnya hari Rabu sore dan ketemunya hari Jumat sore sekitar pukul 15.00 WIB. Ditemukan oleh nelayan dan bawa dengan kapal ke Cilacap. Menurut yang nelayan yang menemukan itu, pak Tega ditemukan sekitar 8 mil dari pantai. Saat itu pak Tega sedang berpegangan pada bambu dan akhirnya diangkat ke kapal," jelasnya.

"Setelah viral dan tahu informasi dari medsos tersebut saya kemudian koordinasi dengan anaknya pak Tega dan anggota polsek terus menjemput pak Tega di pelabuhan Cilacap, sampai rumah Kebumen Sabtu dini hari sekitar pukul 01.00 WIB," kata Slamet menambahkan.

Sementara itu, Suryatmojo yang ditemui detikcom di pantai belakang rumahnya enggan memberikan keterangan terkait peristiwa yang menimpanya. Ia yang sudah bisa beraktivitas kembali nampak sibuk membantu nelayan meminggirkan kapal dan mengangkut ikan menuju tempat pelelangan ikan.

"Maaf mas, saya nggak mau omong apa-apa, saya sedang sibuk cari duit," ucapnya.

Istri Suryatmojo, Saminten (55) ditemui di kediamannya, dengan suara serak lantaran masih sakit, Saminten pun menceritakan peristiwa yang menimpa suaminya itu.