Tim Kukerta Abdimas Produksi Minuman Imun Booster: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi

Ruslan
124 view
Tim Kukerta Abdimas Produksi Minuman Imun Booster: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi
Foto: Ist

DATARIAU.COM - Dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mencegah infeksi virus corona.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas yaitu dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang bermanfaat bagi tubuh.

Di Indonesia terkenal dengan beragam macam rempah-rempah. Beragam jenis rempah tersebut selain dijadikan bumbu masakan, juga bermanfaat untuk kesehatan.

Untuk itu, tim Kukerta ABDIMAS UNRI 2021 mengadakan pembuatan minuman imun booster atau yang lebih dikenal dengan jamu menggunakan rempah-rempah yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian dibagikan kepada warga kelurahan Muara Fajar Timur.

Minuman herbal ini terbuat dari kunyit, jahe, kencur, jeruk nipis dan gula aren. Menurut salah satu anggota Kukerta ABDIMAS UNRI, Dini Eka Pratiwi, Jumat (16/07/2021).

“Pembuatan jamu ini sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan kunyit, jahe, kencur dan gula merah yang telah diparut ke dalam dandang yang berisi air. Kemudian direbus selama kurang lebih 20 menit. Setelah mendidih, minuman tersebut didinginkan dan ditambahkan perasan jeruk nipis secukupnya. Adapun manfaat dari minuman ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengandung banyak antioksidan," pungkas Dini.

Kegitan ini sangat diapreasiasi oleh masyarakat sekitar, terbukti dari antusiasme warga dalam menerima dan meminum minuman imun booster tersebut.

Melalui kegiatan ini, tim Kukerta ABDIMAS UNRI 2021 berharap masyarakat dapat memproduksi sendiri minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh tersebut. (ril)