Manfaatkan Hasil Tanaman Hidroponik, Tim Kukerta UNRI Gajah Sakti Membuat Nugget Sayur Untuk Mencegah Stunting

Admin
127 view
Manfaatkan Hasil Tanaman Hidroponik, Tim Kukerta UNRI Gajah Sakti Membuat Nugget Sayur Untuk Mencegah Stunting

BENGKALIS, datariau.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) UNRI Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis melakukan upaya pencegahan stunting dengan memanfaatkan salah satu hasil tanaman hidroponik yang ada di kelurahan Gajah Sakti dengan mengolahnya menjadi makanan yang bergizi.

Kegiatan pembuatan nugget menggunakan bahan mudah dijumpai dan relatif harga lebih murah seperti tepung terigu, tepung panir dan bahan utama yaitu bayam.

Bayam memiliki kandungan kaya nutrisi, antioksidan tinggi, kandungan zat bermanfaat, meningkatkan kesehatan otak dan melindungi kesehatan mata.

Pembuatan nugget sayur dilakukan pada Kamis (29/7/2021) dan nugget ini dibagikan kepada anak-anak di sekitar kelurahan Gajah Sakti.

Salah satu anggota tim KKN Sri Muliyani menjelaskan, kurangnya daya tarik anak-anak terhadap sayur padahal sebenarnya sayuran memiliki gizi baik untuk pertumbuhan.

Banyak sekali alasan anak-anak tidak suka dengan sayuran, peran orang tua sangat penting dalam mengkreasikan sayuran tersebut menjadi makanan bergizi dan menarik agar anak-anak tertarik untuk mengkonsumsinya.

Dengan dilakukan pembuatan nugget ini diharapkan kepada orang tua mampu mengkreasikan menu masakan untuk mencegah stunting pada anak. (rls)

Penulis
: Santri Komala Asyfa