Inovasi Mahasiswa Unri Dalam Pembuatan Hand Sanitizer Alami dan Dispenser Injak Dapat Apresiasi

Ruslan
130 view
Inovasi Mahasiswa Unri Dalam Pembuatan Hand Sanitizer Alami dan Dispenser Injak Dapat Apresiasi
Foto: Azru Raihani Satifa Damanik

DATARIAU.COM - Dimasa pandemi seperti saat ini, handsanitizer menjadi barang wajib yang harus ada digenggaman setiap orang dimanapun berada, terutama diruang publik.

Dapat kita lihat bersama, bahwasannya handsanitizer yang disediakan diruang publik itu pastinya digunakan secara bergantian dalam waktu bersamaan dan terjadi kontak fisik disana, antara tangan dan botol kemasan handsanitizer.

Nah hal ini dapat memicu penyebaran virus melalui sentuhan di botol handsanitizer yang digunakan tersebut.

Berdasarkan pengamatan dilapangan, kami pun berinisiatif untuk berinovasi membuat handsanitizer dari bahan alami yang sangat bersahabat pada lingkungan pastinya yakni dengan menggunakan bahan utamanya dari Daun sirih dan Jeruk Nipis.

Selain itu kami dari Tim kukerta Desa Api-Api juga membuat tempat handsanitizer atau dispenser handsantizer sistem injak yang ditempatkan di kantor Desa Api-Api yang terkesan menjadi tempat yang strategis.

Dispenser handsanitizer injak ini diproduksi langsung oleh Tim kukerta balek kampung Desa Api-Api dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Andri Sulistyani, SSM Sc. dengan tujuan meminimalisir adanya sentuhan fisik pada botol handsanitizer yang kerap kali menjadi perantara dari penyebaran Virus Covid-19 ini.

Karya pengabdian kelompok kukerta ini mendapatkan respon positif dan juga mendapatkan sambutan hangat dari Bapak Edi Ferizal, S.Sos.I selaku Kepala Desa Api-Api.

“Semoga dengan adanya Dispenser Handsanitizer yang merupakan inovasi baru didesa ini dapat memutus mata rantai penyebaran virus didesa kita ini, juga dapat menjadi ide baru untuk kita kedepannya," ujar Kepala Desa Api-Api.

Penggunaan handsanitizer sistem injak ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara memutuskan mata rantai penyebaran Virus Covid-19 ini, karena penggunaannya yang dilakukan tanpa menyentuh wadah dan terjaga kebersihannya, yakni dengan cara menginjak bagian pedal dibagian bawah atau bagian kaki dispenser handsanitizer tersebut.

Terkesan praktis dan tentunya tanpa adanya sentuhan fisik antara tangan dan botol handsanitizer seperti biasa. (ril)

Penulis
: Azru Raihani Satifa Damanik
Sumber
: Datariau.com