Audi Rilis Mobil Konsep Grandsphere Sebagai Jet Pribadi untuk Jalan Raya

Ruslan
114 view
Audi Rilis Mobil Konsep Grandsphere Sebagai Jet Pribadi untuk Jalan Raya
Mobil konsep Audi Grandsphere. (Foto: Audi)

DATARIAU.COM - Audi merilis mobil konsep Grandsphere terbarunya yang diklaim sebagai "jet pribadi untuk jalan raya." Meski kendaraan ini tidak dapat terbang, produsen mobil asal Jerman yang terafiliasi dengan Volskwagen ini, mengatakan mobil listrik ini didesain dengan mempertimbangkan perjalanan pribadi yang mewah.

Secara khusus, interior kendaraan dirancang untuk dapat berubah menjadi "ruang tunggu kelas satu" ketika mobil dalam mode self-driving, termasuk kolom kemudi yang dapat disimpan untuk memberikan lebih banyak ruang bagi pengemudi dan penumpang depan.

"Mobil konsep tersebut merepresentasikan apa yang diyakini dapat dicapai merek milik Volkswagen, karena berporos ke kendaraan listrik (electric vehicle/EC) dan otonom," menurut pejabat perusahaan.

Audi berencana secara eksklusif menawarkan mobil listrik pada 2033 setelah kendaraan baru terakhirnya dengan mesin bertenaga gas diperkenalkan pada 2026.

"Ini adalah masa depan Audi," kata Kepala Penjualan dan Pemasaran Audi, Hildegard Wortmann, Jumat (3/9/2021). “Kami berada di awal era baru mobilitas.”

Hingga kini belum ada kendaraan yang bisa mengemudi sendiri. Semua sistem bantuan pengemudi masih membutuhkan perhatian sopir. Namun mobil konsep Audi dirancang untuk beroperasi secara mandiri tanpa pengawasan pengemudi.

Grandsphere adalah yang kedua dari tiga kendaraan konsep tersebut. Yang pertama, disebut Skysphere diluncurkan bulan lalu. Kedua mobil ini memiliki beberapa karakteristik desain eksterior berbeda. Grandsphere tidak terlalu terlihat menyeramkan dan menampilkan interior jauh lebih bersih dan mewah.

“Ini bukan lagi hanya tentang mengemudi,” kata Kepala Audi, Henrik Wenders, saat pembukaan mobil. “Berkat digitalisasi, ini tentang pengalaman pribadi dan sepenuhnya berpusat pada manusia.”