Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Admin
272 view
Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

DATARIAU.COM - Konsep pembangunan biasanya melekat dalam konteks kajian suatu perubahan, pembangunan di sini diartikan sebagai bentuk perubahan yang sifatnya direncanakan. Pada dasarnya tujuan dari suatu negara melaksanakan pembangunan adalah untuk mengatasi atau keluar dari masalah masalah yang kini dihadapi.

Kecenderungan konsep pembangunan yang dikembangkan di Indonesia mengemukakan adanya tahapan-tahapan sebagai berikut:

1. strategi pertumbuhan
2. pertumbuhan dan distribusi
3. teknologi tepat guna
4. kebutuhan dasar
5. pembangunan berkelanjutan
6. pemberdayaan (Jhingan, 2016)

Salah satu contoh ketimpangan dalam pembangunan yakni adalah ketimpangan pembangunan pembangunan ekonomi antar wilayah hal ini merupakan fenomena umum yang terjadi dalam proses pembangunan ekonomi suatu daerah.

Pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan wilayah artinya jika pertumbuhan ekonomi meningkat maka ketimpangan wilayah berkurang demikian sebaliknya, ini menandakan pertumbuhan ekonomi merupakan syarat perlu untuk membangun daerah tetapi bukan syarat yang cukup.

Terjadinya ketimpangan pembangunan antar wilayah ini selanjutnya membawa implikasi terhadap kesejahteraan masyarakat pada wilayah bersangkutan, biasanya implikasi yang tumbuh ditimbulkan adalah dalam bentuk kecemburuan dan ketidakpuasan masyarakat yang dapat pula berlanjut dengan implikasi politik dan ketentraman masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian jangka panjang, dan pertumbuhan ekonomi merupakan fenomena penting yang dialami dunia belakangan ini. Pada dasarnya, pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai suatu proses pertumbuhan output perkapita dalam jangka panjang. Hal ini berarti dalam jangka panjang, kesejahteraan tercermin pada peningkatan output perkapita yang sekaligus memberikan banyak alternatif dalam mengkonsumsi barang dan jasa, serta diikuti oleh daya beli masyarakat yang semakin meningkat.

Indonesia, sebagai suatu negara yang sedang berkembang sedang giat melaksanakan pembangunan secara berencana dan bertahap, tanpa mengabaikan usaha pemerataan dan kestabilan. Pembangunan nasional mengusahakan tercapainya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, yang pada akhirnya memungkinkan terwujudnya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan seluruh rakyat.

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)