Jadi Tuan Rumah Geopark, Hamid Optimis Natuna Bisa Wujudkan Nawacita Presiden

Arizki
615 view
Jadi Tuan Rumah Geopark, Hamid Optimis Natuna Bisa Wujudkan Nawacita Presiden
Arizki Fil Bahri
Foto Bersama Bupati Natuna dengan Para Peserta Rapat dan Undangan

NATUNA, Datariau.com- Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bapennas menggelar rapat kordinasi komite nasional Geopark Indonesia 2019  di Kabupaten Natuna, Rabu (18/12/2019).

Dalam laporan kegiatan yang di bacakan oleh, Raden Rara Rita Erwandi, ia mengatakan pengembang Taman bumi saat ini telah memiliki landasan regulasi yang kuat, yaitu dengan telah ditetapkannya peraturan presiden nomor 9 tahun 2019. Hal ini juga di harapkan dapat melibatkan semua pihak antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sesuai dengan kewenangan serta pemangku kepentingan dalam rangka menyusun program pembagunan Geopark.

Foto: Suasana Kegiatan baru dimulainya Acara KNGI

Oleh karena itu, hari ini kita melaksanakan rapat koordinasi evaluasi akhir tahun sekaligus penyusunan perogram Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) tahun 2020 ujar Raden

Ia menambahkan, rapat koordinasi ini merupakan lanjutan dari berbagai pertemuan dan rapat kerja , sebelumnya kegiatan ini juga pernah diselenggarakan di Belitunng dan bayuwangi dan di Natuna kegiatan ini akan di laksanakan selama dua hari dari tanggal 18 sampai 19 Desember 2019 untuk jumlah peserta keseluruhan sebanyak 77 Orang.

"Mengakhiri laporan ini kami selaku panitia penyelenggara rapat kordinasi evaluasi akhir tahun dan penyusunan program KNGI menyampaikan ucapan terimakasih atas segala bantuan dari Pemerintah Kabupaten Natuna dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, serta mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan seperti yang kita harapkan tutup Raden Rara

Ditempat yang sama pula Bupati Natuna  Drs.H.Abdul Hamid Riza Msi, dalam sambutannya mengatakan Hari ini Natuna menjadi tuan Rumah Geopark, didatangi oleh orang-orang petinggi republik ini, serta Profesor yang hebat dan tentunya hal ini wajib kita  syukuri.

Foto: Bupati Natuna Drs.H.Abdul Hamid Rizal Msi saat memberikan sambutan sekaligus Membuka Kegiatan Acara KNGI

Lanjut Hamid terkait dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang menargetkan 20 juta kunjungan Wisatawan baik lokal maupun Manca Negara terdapat tiga istilah yang lazim diacu pada peta pariwisata Nasional yaitu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan Destinasi Pariwisata Nasional (DPN).

"ketiga bentuk kawasan ini memiliki tujuan yang sama yakni mengupayakan percepatan pembangunan kawasan pariwisata, sedangkan poin utama dari gagasan ini ternyata berasal dari sisi keinginan Pemerintah untuk menjadikan Natuna sebagai penggerak perekonomian," Jelasnya.

Lanjut Hamid selain fokus pada pengembangan Destinasi, kemajuan Pariwisata Daerah juga ditentukan dengan ketersediaan Sumber Daya Pariwisata yang memadai seperti, keberadaan pandu wisata, penggiat wisata dan kelompok sadar wisata.

"untuk menciptakan SDM yang handal dan berkualitas di bidang Pariwisata peran Lembaga Pendidikan dan Pelatihan sangat menentukan, bahkan Komptensi dalam bidang kepariwisataan merupakan salah satu isu Nasional bahkan Global untuk menunjang pembangunan berkelanjutan," tuturnya.

Selain itu Hamid juga mengatakan pada masa sekarang Pemerintah Kabupaten Natuna yang terdiri dari berbagai OPD dan unsur terkait tengah giat-giatnya mengupayakan agar status Geopark Natuna di angkat menjadi Geopark Global Network UNESCO yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang.

Foto: Bupati Natuna Drs.H.Abdul Hamid Rizal Msi saat memberikan pelakat kepada salah satu Peserta

"Namun seluruh upaya tersebut tidak akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat daerah jika kita semua tidak ikut terlibat secara aktif, untuk itu besar harapan saya agar melalui kegiatan ini dapat membuka wawasan kita semua sehingga kedepan kita dapat dengan bijak untuk mengelola Potensi Daerah menjadi bernilai ekonomis namun terus berupaya memelihara keaslian Geowisata yang kita miliki ungkap hami

Untuk itu sekali lagi saya mengigtkan untuk seluruh masyarakat Natuna dari berbagai suku ras dan Budaya, ayo, mari kita bangun Negeri di Ujung Perbatasan Natuna dengan baik, agar kedepan Natuna bisa lebih maju lagi Pungkas Hamid Rizal.

Hadir dalam giat itu, Wamen Pertahanan,Sekda Natuna Wan Siswandi,DPRD, FKPD, OPD dan undangan lainnya. ( Ari)

Penulis
: Arizki fil Bahri
Editor
: Redaksi
Sumber
: datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com