Sondia Warman: Rekomendasi BK Copot Ketua DPRD Pekanbaru Tabrak Aturan

Admin
401 view
Sondia Warman: Rekomendasi BK Copot Ketua DPRD Pekanbaru Tabrak Aturan
Sondia Warman SH MH.

PEKANBARU, datariau.com - Ahli Hukum Tata Negara yang juga mantan Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru, Sondia Warman SH MH menilai Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Pekanbaru tidak bisa semena-mena menabrak aturan. Hal ini terkait adanya rekomendasi BK untuk mencopot jabatan Hamdani MS SIp sebagai Ketua DPRD Pekanbaru.

"BK memang mempunyai kewenangan dalam mengatasi permasalahan kedisiplinan anggota dewan, namun jika ada temuan anggota DPRD maupun pimpinan DPRD Pekanbaru boleh diberikan sanksi. Namun tetap aturan tidak boleh ditabrak," kata Sondia Warman saat dikonfirmasi, Rabu (27/10/2021).

"Menurut Undang-Undang pimpinan DPRD berasal dari partai pemenang dan dipilih oleh partainya, tidak boleh BK memberhentikannya sebagai Ketua DPRD Pekanbaru. Itu tidak bisa," tegasnya.

Namun, lanjut Sondia yang juga mantan Ketua DPD PAN Pekanbaru, jika BK memberhentikan alat kelengkapan dewan lainnya yang tidak menurut Undang-Undang seperti Ketua Komisi, Ketua BK atau Ketua Bapemperda itu sah-sah saja dilakukan karena bukan berdasarkan amanat Undang-Undang.

"Kalau partai memutuskan nama yang sama itu hak partai, gak bisa digagugugat," tegasnya.

Sebagai informasi rekomendasi BK DPRD Pekanbaru terkait dengan pemberhentian Hamdani dibacakan dalam rapat paripurna pada hari Senin (26/10/2021) malam dengan dua agenda, yakni Penetapan Pansus 6 Ranperda Kota Pekanbaru dan Pembacaan Keputusan BK DPRD Pekanbaru.

Di malam itu, BK merekomendasikan untuk memberhentikan Hamdani dari jabatannya sebagai Ketua DPRD Pekanbaru. (red)