Rapat Paripurna Pidato Pengantar Nota Keuangan, APBD Kota Pekanbaru 2023 Direncanakan Rp 2,699 Triliun

Datariau.com
786 view
Rapat Paripurna Pidato Pengantar Nota Keuangan, APBD Kota Pekanbaru 2023 Direncanakan Rp 2,699 Triliun

PEKANBARU, datariau.com - DPRD Kota Pekanbaru menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Pidato Pengantar Nota Keuangan dan Ranperda APBD Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2023, Senin (21/11/2022).

Rapat paripurna ke-12 masa sidang kesatu tahun 2022/2023 ini berlangsung di Ruang Paripurna Gedung Balai Payung Sekaki DPRD Kota Pelanbaru.

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST didampingi tiga Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama ST MT, Tengku Azwendi Fajri SE dan Ir Nofrizal MM.

Sementara dari eksekutif hadir Pj Walikota Pekanbaru Muflihun beserta Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru HM Jamil, para Asisten, para Kepala OPD, beberapa Tenaga Ahli dan beberapa Camat.


Dalam pidato nota keuangannya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan, bahwa penyusunan anggaran yang ada di dalam APBD Kota Pekanbaru diharapkan agar semakin efektif dan berperan dalam pencapaian kemakmuran masyarakat.

"Peran serta lembaga pengawasan dan pemeriksa keuangan negara seperti BPK serta Inspektorat diperlukan untuk dapat terus mengawasi perencanaan dan penggunaan anggaran agar lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel," kata Muflihun.

Secara umum, gambaran tentang APBD Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp 2,699 Triliun dengan rincian pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 961 miliar dan pendapatan transfer sebesar Rp 1,27 miliar, serta belanja daerah sebesar Rp 2,679 triliun diperuntukkan untuk belanja operasional, belanja modal dan belanja tidak terduga.


Setelah pidato nota keuangan dibacakan, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun beserta Sekdako Pekanbaru HM Jamil juga Asisten II Setdako El Syabrina, Asisten III Setdako Masykur Tarmizi dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Yulianis menyerahkan nota keuangan dan Ranperda tentang APBD Kota Pekanbaru tahun 2023 kepada Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, didampingi Wakil Ketua Ginda Burnama ST dan Ir Nofrizal MM.

Usai paripurna, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan bahwa target PAD sebesar Rp 961 miliar pada tahun 2023 mendatang harus tercapai, karena sangat banyak potensi pajak dan retribusi daerah yang masih belum dipungut.

“Ya kita optimis, kemaren kami juga sudah membahas secara internal guna menggali potensi pajak daerah dan retribusi yang bisa menambah PAD di tahun 2023 nanti. Tentu harapan kita, dengan maksimalnya penggalian potensi karena masih banyak potensi yang belum terpungut," jelasnya.

"Hari ini kita lihat masih banyak tiang reklame atau baliho itu yang belum membayar retribusi. Mudah-mudahan, kita bisa menaikan PAD ini. Kita tidak mau lagi tahun depan, ada kontraktor atau pekerja pihak ketiga yang tidak dibayarkan. Artinya Pekanbaru tahun depan tidak ada lagi tunda bayar. Kita berharap, struktur APBD Kota Pekanbaru bisa kembali normal," sambungnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST mengatakan, bahwa jumlah pendapatan asli daerah yang dipatok oleh Pemerintah Kota Pekanbaru sekitar Rp 961 miliar dinilai cukup masuk akal. Hal ini seiring jumlah penduduk semakin bertambah serta sektor usaha yang ada di Kota Pekanbaru semakin menggeliat.

“Kalau bisa lebih dari itu lagi, kalau bisa PAD kita mencapai Rp1 triliun. Kita harus optimis dan ini menjadi tantangan bagi Pemko Pekanbaru kedepan,” ujarnya.

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)