Pemekaran Kecamatan, Pemko Pekanbaru Diminta Permudah Urusan Administrasi Kependudukan Masyarakat

Datariau.com
173 view
Pemekaran Kecamatan, Pemko Pekanbaru Diminta Permudah Urusan Administrasi Kependudukan Masyarakat

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Zainal Arifin menekankan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk dapat memberikan akses yang memudahkan masyarakat terhadap urusan pelayanan yang terdampak akibat adanya pemekaran di beberapa kecamatan wilayah diawal tahun 2021.

Zainal berharap OPD terkait tidak mempersulit pelayanan perubahan administrasi tersebut. Diantara pelayanan tersebut yaitu perubahan Administrasi Kependudukan (Adminduk) seperti perubahan data Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan hal lainnya.

"Sesuai dengan perda nomor 2 tahun 2020, maka kita menghimbau kepada OPD dilingkungan Pemko Pekanbaru untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang terdampak akibat pemekaran kecamatan tersebut," tegas Zainal Arifin, Senin (14/12/2020).

Zainal menambahkan, bila perlu instansi vertikal dapat dilibatkan dalam pengurusan perubahan data adminduk masyarakat tersebut agar masyarakat tidak bingung dan dapat terkoordinir dengan lancar. "Kalau bisa, adanya kerjasama dengan instasi vertikal seperti kepolisian," ujarnya.

Politisi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menjelaskan kenapa adanya pemekaran wilayah di Kota Pekanbaru, yang diawal tahun 2021 akan menjadi 15 Kecamatan.

Politisi Gerindra ini menyebut adanya pemekaran wilayah yang menjadi 15 kecamatan tersebut tujuannya untuk mempercepat pembangunan di Kota Pekanbaru.

"Tentu kita tidak mau masyarakat itu disusahkan. Jadi, harapan kita dengan adanya pemekaran kecamatan ini terutama adalah pelayanan kepada masyarakat itu semakin cepat. Nah, itulah tujuan kita seperti apapun masalah infrastruktur itu cepat dibantu. Oleh karena itu, tujuan pemekaran sebenarnya agar segala sesuatu diproses cepat," ungkapnya.

Zainal Arifin selaku Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru meminta Walikota Pekanbaru untuk menyampaikan kepada OPD dilingkungan Pemko untuk dapat memudahkan aktivitas pelayanan masyarakat yang terkena dampak pemekaran kecamatan.

"Kita tekankan kepada Walikota untuk menyampaikan hal ini ke OPD di jajaran Pemko Pekanbaru," pungkasnya.

Untuk diketahui bersama, jumlah kecamatan di Kota Pekanbaru bertambah dari 12 kecamatan menjadi 15 kecamatan di Tahun 2021. Artinya ada tiga kecamatan yang dimekarkan yakni:

- Kecamatan Tampan akan dihapus dan dipecah menjadi Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tuah Madani.

- Kecamatan Kulim hasil pemekaran dari Kecamatan Tenayan Raya.

- Kecamatan Rumbai juga ikut mekar menjadi Kecamatan Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur. Dan kecamatan Rumbai Pesisir berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com