Komisi IV Rapat dengan Dinas PUPR Bahas Normalisasi Sungai Sail

Admin
292 view
Komisi IV Rapat dengan Dinas PUPR Bahas Normalisasi Sungai Sail
Foto: Endi Dwi Setyo
DPRD Pekanbaru menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Pekanbaru, Selasa (13/7/2021).

PEKANBARU, datariau.com - DPRD Pekanbaru menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Pekanbaru, Selasa (13/7/2021).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST didampingi anggota lainnya Hj Masni Ernawati, Ali Suseno, Roni Pasla dan Robin Eduar.

Turut hadir dalam rapat Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution beserta Sekretaris Edward Riansyah.

Adapun rapat ini membahas terkait masalah normalisasi Sungai Sail. Pasalnya, Sungai Sail mengalami pendangkalan yang berbuntut pada timbulnya banjir di daerah aliran sungai.

Usai rapat, Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST mengatakan bahwa Dinas PUPR tengah menjalin MoU dengan Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) untuk melakukan normaliasi Sungai Sail.

"Jadi sekarang Pemko melalui Dinas PUPR lagi menelaah beban dari Kota ini apa saja dan beban dari pusat itu apa-apa saja," katanya.

Dijelaskan Sigit, normalisasi Sungai Sail belum dilakukan karena terkendala kesepakatan antara Pemko Pekanbaru dengan BWSS yang berada dibawah Kementerian PUPR.

"Secara operasional Pemko Pekanbaru siap, tapi untuk ganti rugi Pemko tidak siap karena menggunakan anggaran dan takut menyalahi aturan," jelasnya.

Politisi Demokrat ini mendorong Pemerintah Kota dalam hal ini Dinas PUPR untuk segera menyelesaikan Mou dengan pemerintah pusat mengenai normalisasi Sungai Sail.

"Jangan nanti yang dirugikan itu masyarakat. Oleh karena itu, Pemko tidak bisa hanya bekerja sendiri tanpa dukungan dari pusat. Ya, mudah-mudahan ini ada solusi dalam kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah kota terkait masalah Sungai Sail," pungkasnya.