Komisi IV DPRD Selesai Bahas R-APBD 2022 Bersama Mitra Kerja, Berikut Rinciannya

Endi Dwi Setyo
104 view
Komisi IV DPRD Selesai Bahas R-APBD 2022 Bersama Mitra Kerja, Berikut Rinciannya
Foto: Endi Dwi Setyo
Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono ST

PEKANBARU, datariau.com - Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST mengungkapkan pihaknya sudah melakukan rapat pembahasan R-APBD Tahun 2022 bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang menjadi mitra kerja.

Dijelaskan Sigit, ada beberapa hal yang telah direkomendasikan Komisi IV DPRD kepada beberapa OPD. Nantinya, rekomendasi yang diajukan oleh OPD tersebut akan dimasukkan kedalam R-APBD Tahun 2022 dan kemudian diserahkan ke Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pekanbaru agar dapat terealisasi.

"Jadi hasil rapat dengan OPD-OPD dibawah mitra kerja Komisi IV DPRD itu salah satunya ada Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru," kata Sigit, Senin (18/10/2021).

Sigit mengatakan, Komisi IV DPRD Pekanbaru telah merekomendasikan Dinas Pendidikan dalam pembahasan R-APBD Tahun 2022 untuk menata kembali bangunan sekolah yang dinilai butuh pembaruan agar menjadi layak.

"Penataan bangunan sekolah, baik itu ruangan kelas, rumah jaga hingga instalasi listriknya," ucapnya.

Dikatakan Sigit, penataan bangunan SD hingga SMP ini dinilai sangat diperlukan agar murid menjadi nyaman dalam menuntut ilmu di Sekolah. Hal ini juga bertujuan agar kejadian insiden kebakaran yang terjadi di SDN 118 beberapa waktu lalu tidak kembali terulang.

Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru, anggaran yang diajukan lebih kurang sebesar Rp105 Miliar. Anggaran itu diperuntukkan untuk honor pegawai hingga membayar tagihan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada disepanjang ruas jalan protokol Kota Pekanbaru.

"Ada pengajuan penambahan kendaraan Crane untuk memperbaiki lampu jalan. Karena, Dishub cuma punya satu unit yang kondisinya itu sudah kurang layak," sebutnya.

Untuk Dinas PUPR, juga diajukan anggaran lebih kurang Rp195 Miliar. Dimana, lebih kurang Rp30 Miliar digunakan untuk mengatasi permasalahan banjir.

"Direkomendasikan juga untuk penambahan excavator jenis spiderman satu unit guna untuk mengatasi permasalahan banjir," ungkapnya.

Hal ini ia katakan lantaran excavator yang dimiliki Dinas PUPR Kota Pekanbaru saat ini hanya berjenis roda empat yang sulit menjangkau kawasan pada penduduk.

"Dengan memiliki excavator jenis spiderman ini dinilai dapat menjangkau area yang sulit hingga kawasan padat penduduk," terangnya.

Sedangkan untuk DLHK, pengajuan anggaran lebih kurang Rp58 Miliar. Yang mana, anggaran tersebut digunakan untuk mengantisipasi tahapan pelelangan proyek sampah.

"Rekomendasi ini tidak ada yang kita (Komisi IV) coret-coret, tidak ada juga penambahan, dan ini sudah kita ajukan ke Banggar," pungkasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Endi Dwi Setyo
Sumber
: Datariau.com