Ditemukan Warga Gunakan Kaos Palu Arit di Siak Hulu, Kapolres Kampar Keluarkan Himbauan

Admin
1.624 view
Ditemukan Warga Gunakan Kaos Palu Arit di Siak Hulu, Kapolres Kampar Keluarkan Himbauan
Mirdas Aditya
Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK.

BANGKINANG KOTA, datariau.com - Jajaran Polsek Siak Hulu Resor Kampar pada Ahad malam (29/1/2017) sempat mengamankan seorang wanita yang ditemukan warga tengah mengenakan baju kaos memakai gambar logo partai komunis Palu Arit yang sangat terlarang di Indonesia.

 

Saat dikonfirmasi kepada Kapolsek Siak Hulu melalui Panit I Reskrim Ipda Novris H Simanjuntak SH didapat penjelasan, bahwa setelah dilakukan interogasi kepada yang bersangkutan mengakui tidak mengetahui maksud logo palu arit yang ada pada baju kaos yang sedang dipakainya itu.

 

Dari keterangannya diketahui bahwa kaos tersebut diperoleh dari pemberian suaminya yang dibeli di tempat penjualan baju bekas di kampung halamannya di daerah Padang Sidempuan Sumatera Utara.

 

Terhadap yang bersangkutan, pihak Polsek Siak Hulu hanya melakukan pembinaan dengan menjelaskan bahwa pemakaian logo palu arit yang identik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) dilarang dan petugas juga menyita kaos tersebut dan menggantinya dengan yang lain.

 

Warga bersangkutan dapat memahami dan mengerti tentang penjelasan petugas terkait hal tersebut dan berjanji tidak akan mengulanginya.

 

Sementara itu, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK pada kesempatan terpisah saat diminta staetmenya terkait masalah ini menyampaikan himbauan agar masyarakat dapat memahami, berdasarkan TAP MPRS nomor 25 tahun 1966 Partai Komunis Indonesia dinyatakan sebagai partai terlarang, sehingga penyebaran tentang paham maupun penggunaan gambar yang identik dengan Partai ini juga dilarang ada di Indonesia.

 

"Agar masyarakat dalam memperjualbelikan pakaian serta atribut lainnya untuk berhati-hati dan tidak menggunakan logo Palu Arit yang identik dengan lambang PKI ini. Jaga soliditas serta kerukunan masyarakat dan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang dapat memecahbelah rasa persatuan dan kesatuan, jadikan ke-Bhinekaan sebagai kekuatan bangsa," kata Kapolres Kampar dalam himbauannya yang disampaikan kepada datariau.com.

Penulis
: Mirdas Aditya
Editor
: Adi
Sumber
: Datariau.com