DPRD Minta Pemko Pekanbaru Segera Angkat GTT Tahun 2019

Admin
459 view
DPRD Minta Pemko Pekanbaru Segera Angkat GTT Tahun 2019
Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Zulfan Hafiz ST.

PEKANBARU, datariau.com - Formasi CPNS untuk Kota Pekanbaru sudah diketahui yakni 304 orang. Dari jumlah tersebut, 180 formasi di antaranya diperuntukan bagi sektor pendidikan. Kuota tersebut, jauh dari harapan yang diusulkan Disdik Pekanbaru, sebelumnya 1.200 orang.

Kondisi ini tentunya direspon kalangan dewan. Komisi III DPRD Pekanbaru yang membidangi masalah pendidikan, meminta Pemko Pekanbaru mencari solusi terbaik, agar kota ini tidak kekurangan guru.

"Makanya kita minta Pemko merealisasikan pengangkatan guru tidak tetap (GTT) tahun 2019, yang anggarannya bersumber dari APBD. Jangan ditunda-tunda lagi, apalagi sudah dijanjikan Disdik dalam hearing dengan kita kemarin," kata Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Zulfan Hafiz ST, Jumat (14/9/2018).

Selain itu, Pemko diminta mengusulkan kembali ke Pemerintah Pusat, pengangkatan CPNS guru ini. Karena jika dibiarkan, maka cita-cita dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dikhawatirkan akan terganggu.

"Seharusnya kan masalah pendidikan ini menjadi prioritas pemerintah. Tidak hanya sekadar memperbanyak program saja. Sebab, lama kelamaan bisa menjadi masalah besar," tambahnya.

Sekadar diketahui, untuk menutupi kekurangan guru, DPRD Kota Pekanbaru akan menganggarkan pengangkatan 300-350 guru honor komite yang honornya bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi GTT.

"Kita minta tidak ada permasalahan pengangkatan atau kendala yang berarti," sebutnya.

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal Jamal menyebutkan, 180 formasi CPNS untuk tenaga pendidikan di Pekanbaru, dipastikan belum sanggup menutupi angka guru yang pensiun pada tahun ini.

Jumlah tersebut paling hanya bisa menutupi jumlah guru yang pensiun. Jumlah guru yang pensiun saja tiap tahunnya 200-an orang. Tahun 2018 ini saja angka pensiun mencapai 278 orang guru.

Ditambahkan Jamal, saat ini setidaknya Kota Pekanbaru kekurangan ribuan guru, tingkat SD dan SMP.

"Kita kekurangan lebih kurang 1.056 guru. Dengan rincian 800 lebih guru SMP, sisanya guru SD," imbuhnya.

Jamal merinci, dari 180 kuota tersebut terdiri dari Guru SD dan SMP dengan rincian 146 guru SD dan 34 untuk guru SMP.

Editor
: Redaksi
Sumber
: http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/09/14/kuota-guru-penerimaan-cpns-jauh-dari-harapan-ini-saran-dprd-kepada-pemko-pekanbaru