Kelapa Tua Bisa Jaga Kesehatan Jantung, Ini Penjelasan Dr Zaidul Akbar

Ruslan
39 view
Kelapa Tua Bisa Jaga Kesehatan Jantung, Ini Penjelasan Dr Zaidul Akbar
Foto: Net

DATARIAU.COM - Kelapa menjadi salah satu buah yang begitu populer di kalangan masyarakat Tanah Air. Umumnya masyarakat lebih menyukai mengonsumsi kelapa muda. Sebut saja air kelapa muda yang bukan hanya menyegarkan saat dikonsumsi siang hari, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan cairan harian.

Sedangkan kelapa tua lebih banyak dimanfaatkan untuk memasak yakni santannya. Namun siapa sangka, kelapa tua juga memiliki banyak manfaat, hal ini juga diungkapkan oleh dr Zaidul Akbar dalam akun Instagram resminya.

Dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar, pertama, air kelapa tua tidak kalah baiknya dengan air kelapa muda. Menurutnya air kelapa tua mengandung asam amino, yang bermanfaat untuk meningkatkan masa otot, memelihara kesehatan jantung, menjaga keseimbangan hormon dan enzim serta meningkatkan stamina dan daya ingat.

"Air Kelapa Tua, air isotonik terbaik yang tidak kalah dengan kelapa muda yang bisa kita dapatkan jauhhh lebih murah dari kelapa muda, padahal yang tua tak kalah bermanfaat dengan kandungan asam amino, mineral dan lainnya yang berlimpah juga ( boleh anda tambah madu atau langsung minum)," tulis dr. Zaidul Akbar.

Lebih lanjut, dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar, kelapa tua yang bisa dimanfaatkan adalah santan. Dijelaskannya, santan merupakan lemak jenuh yang sebenarnya sangat baik dan bermanfaat untuk jantung dan pembuluh darah.

"Sebenarnya sangat baik dan bermanfaat untuk jantung dan pembuluh darah (SEPANJANG TIDAK DIPANASKAN ATAU DIDIHKAN) takaran sehari ya 1/4 kelapa tua itu , boleh dicampur air dan madu atau jahe saat diminum, dibuat enak aja intinya," lanjut unggahannya.

Selanjutnya, kelapa parut. Dijelaskan dr. Zaidul Akbar, kelapa parut bisa dikonsumsi secara langsung. Kelapa parut ini bisa dicampur dengan singkong rebus atau penganan sehat lainnya. Ia juga menjelaskan makan daging kelapa tua itu juga sangat baik dan bisa menjadi pilihan kita dengan rasanya yang unik dan tasty.

"Nah ini saran saya sih, bagi yang ingin jantung dan pembuluh darah nya lancar dan lentur bisa dicoba rutin mengkonsumsi 1/4 dari berbagai varian kelapa tua ini dan gaada hubungan antara mereka ini dengan cacing kremi dan seterusnya yang selama ini jadi momok saya ga tahu dari mana , alhasil orang malah mengkonsumsi santan yang udah dididihkan ditambah daging namanya gulai, kelapa parutnya dipanaskan namanya serundeng," tulisnya.

Dr. Zaidul Akbar menjelaskan, salah satu varian produk terbaik dari 4 ini adalah VCO atau virgin coconut oil yang merupakan minyak dengan lemak terbaik diluar minyak zaitun. (*)

Sumber: viva.co.id