Jangkau Warga Desa Terisolir, Pemkab Kendal Sediakan 7000 Vaksin Pfizer dari Jerman

Sindy Aprilia Dwiyanti
82 view
Jangkau Warga Desa Terisolir, Pemkab Kendal Sediakan 7000 Vaksin Pfizer dari Jerman
Gambar : antaranews.com

DATARIAU.COM - Percepatan vaksinasi terus diupayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal, Jawa Tengah. Tak hanya mendirikan lima sentra vaksinasi dan membuka layanan diberbagai pelosok desa, namun langkah jemput bola dengan mendatangi warga yang terisolir juga dilakukan petugas kesehatan dibantu TNI-Polri.

Seperti yang dilakukan di pesisir Pantai Utara Kecamatan Rowosari. Untuk bisa sampai ke daerah terisolir di ujung barat sisi utara wilayah Kabupaten Kendal, bukan sesuatu yang mudah. Petugas harus menyeberang sungai Kuto dengan menggunakan perahu rakit. Pasalnya, jika lewat darat harus memutar 2 kali perjalanan yang memakan waktu kurang lebih selama satu setengah jam.

Setiba di daerah tersebut, para tenaga kesehatan dari Puskesmas Rowosari II bersama Camat didampingi TNI Polri serta perangkat desa setempat melaksanakan kegiatan vaksinasi secara outdoor di bibir Pantai Tawang.

Camat Rowosari, Edi Suyono menjelaskan vaksinasi memilih ditempatkan di tepi pantai supaya masyarakat yang takut dengan jarum suntik ada suasana baru dan terhibur.

"Tadi kita berangkat bersama-sama naik perahu nelayan untuk sampai di lokasi kegiatan. Di sini, dalam pelaksanaan vaksinasi di daerah pesisir Kecamatan Rowosari, petugas menyiapkan 7.000 vaksin jenis Pfizer dari Jerman dan akan dilakukan penyuntikan secara bertahap," katanya, Minggu (17/10).

Dikatakan, vaksinasi ini sengaja digelar untuk menyasar warga terisolir di wilayah Kecamatan Rowosari, khususnya warga yang tinggal di pesisir pantai meliputi Desa Sendangsikucing dan Desa Gempolsewu.

Sementara itu, Kepala Dukuh Tawang Laut Desa Gempolsewu, Sofyan mengatakan dirinya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya adanya kegiatan vaksin untuk daerah pelosok tersebut. Dari rencana awal pelaksanaan hanya warganya saja, kini meluas hingga dukuh tetangga mulai dari Dukuh Bulusan, Rejosari, Randusari, Saribaru dan Dukuh Tegalrejo, Desa Rowosari ikut bergabung mendapatkan vaksin.

"Antusiasme warga sangat tinggi, sehingga pada acara vaksinasi massal yang digelar di pantai tersebut disambut baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat, dengan mengikuti vaksin," terangnya.

Para warga yang mengikuti vaksin tahap 1 di daerah terisolir tersebut mengaku senang karena untuk mendapatkan vaksin cukup datang dengan membawa KTP menuju ke pantai.

Seperti yang diungkapkan Suyatno 41 tahun, warga setempat yang mengaku senang adanya perhatian khusus terhadap warga yang tinggal di perkampungan nelayan yang terisolir sungai Kalikuto.

"Saya senang akhirnya di tempat kami ini dibuka vaksinasi. Tadi saya ramai-ramai dengan warga yang lain datang vaksin di sini," ungkapnya. (*)

Source : gatra.com