Gelar Razia di Dayun, Tim Yustisi Kabupaten Siak Jaring Puluhan Pelanggar Prokes

Hermansyah
177 view
Gelar Razia di Dayun, Tim Yustisi Kabupaten Siak Jaring Puluhan Pelanggar Prokes
Pelanggar protokol kesehatan di Kecamatan Dayun mengikuti sidang tipiring virtual langsung dengan Pengadilan Negeri Siak di gedung serbaguna kantor Camat Dayun.

SIAK, datariau.com - Tim yustisi gabungan TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Siak kembali melaksanakan operasi yustisi atau razia protokol kesehatan di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Senin (7/6/2021) kemaren.

Razia protokol kesehatan yang dilaksanakan di Kecamatan Dayun tersebut, setidaknya pada operasi itu, tim yustisi berhasil menertibkan sebanyak 18 warga pengguna kendaraan bermotor maupun para pejalan kaki yang melintas terjaring razia prokes saat itu.

Kasatpol PP Kabupaten Siak Kaharuddin SSos MSi melalui Kepala Bidang Penegak Perundang-undangan Daerah Satpol PP Siak Subandi SSos MSi mengatakan, giat operasi yustisi hari ini berhasil menjaring puluhan pelanggar protokol kesehatan.


"Masih seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya, bagi warga yang terjaring razia akan mengikuti sidang tipiring pelanggar prokes covid-19," kata Subandi.

Dikatakan Kabid PPUD Satpol PP Siak itu, sidang akan dilaksanakan di gedung pertemuan serbaguna kantor Camat Dayun. Dan akan dilaksanakan secara virtual oleh Pengadilan Negeri Siak.

"Dari 18 pelanggar prokes ini, dengan mempertimbangkan pasal yang di dakwakan oleh penyidik yang disidangkan, hakim memutuskan sebanyak 12 orang dijatuhi sanksi atau denda sebesar 100 ribu," jelas Subandi.

Subandi kembali menjelaskan, sementara bagi 6 orang pelanggar masing-masing dikenakan sanksi atau denda sebesar 150 ribu yang diputuskan secara verstek.


Sementara itu, Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Siak Sahrul SH MH menyebutkan, dari 18 pelanggar protokol kesehatan yang terjaring dan mengikuti sidang tipiring pada hari ini, tetap diberikan peringatan.

"Selain membayar sanksi denda yang telah diputuskan oleh PN Siak, tim juga tetap memberikan peringatan agar para pelanggar tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus penyebaran covid-19," ujar Sahrul.

Bagi keseluruhan pelanggaran tersebut, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Siak Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penanganan Penyakit Menular di Kabupaten Siak.

"Dengan sidang ini, kita berharap mudah-mudahan ada kesadaran bagi warga. Sebab ini dilakukan sebagai efek jera bagi para pelanggar itu sendiri," tandasnya.(*)

Sumber
: Datariau.com