Bupati Siak dan Istri Hantarkan Bantuan Pengobatan Bocah Penderita Kelainan Hati di Jakarta

Hermansyah
176 view
Bupati Siak dan Istri Hantarkan Bantuan Pengobatan Bocah Penderita Kelainan Hati di Jakarta
Bupati Siak Drs H Alfedri dan istri Hj Rasidah di dampingi Kepala Kesehatan Kabupaten Tonny Chandra jenguk Muhammad Ammar Fathan di Jakarta.

JAKARTA, datariau.com - Bupati Siak Alfedri dan istri Hj Rasidah Alfedri menjenguk Muhammad Ammar Fathan, warga Dusun Merambai yang di diagnosa dokter menderita kelainan fungsi hati.

Muhammad Ammar Fathan, bayi berusia 10 bulan asal Dusun Merambai, Kampung Teluk Masjid, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak yang di didiagnosa Dokter Atresia Bilier atau (kelainan fungsi pada hati).

Akibat sakit yang di derita, Ammar harus dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusomo (RSCM) Jakarta, untuk mendapat perawatan yang maksimal. Bupati Siak mendapat kabar itu, bergegas menemui orangtua Ammar yang selama masa pangobatan tinggal di Mess Pemda Riau di Jakarta.

"Alhamdulillah, hari ini saya bersama istri, Asisten dan Kadis Kesehatan mengunjungi orang tua dari anak kita Muhammad Ammar Fathan, yang menderita penyakit kelainan fungsi hati. Anak kita Ammar, lebih kurang 3 bulan ini harus menjalani perawatan di RSCM Jakarta," ujar Alfedri bersama istri Hj Rasidah, di mess Pemda Riau, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Dia juga menyampaikan saat ini orang tua Muhammad Ammar Fathan sedang menunggu jadwal pengecekan fungsi jaringan hati, sebagai sampel dan ini harus dilakukan tindakan operasi transplantasi hati.

"Tindakan operasi pertama diusahakan dari keluarga, mungkin dari ayahnya atau dari ibunya. Itu mau dilihat ambil sampel jaringan hati tadi. Yang mana yang cocok antara kedua orang tuanya. Ini yang harus di tunggu jadwalnya," kata dia.

Dia menjelaskan, soal besaran biaya operasi, kata Alfedri, Pemkab Siak mengupayakan bantuan melalui Jamkesda, karena pihaknya saat ini telah bekerjasama dengan RSCM.

"Untuk anak ini bisa di operasi, orang tuanya Guru di Sungai Apit tentu ada BPJS, akan di tanggani BPJS, tapi untuk mencangkok hatinya itu perlu swadaya. Kami tadi juga menyampaikan donasi dari kawan-kawan di Pemda Siak sebesar Rp65 juta, ditambah bantuan dari Basnaz yang keseluruhannya berjumlah Rp100 juta," jelas Alfedri.

"Mudah-mudahan dapat membantu biaya untuk operasional saat ini, termasuk memenuhi gizi dan vitamin anak kita ini sehingga nanti siap untuk menjalani transplantasi " terangnya.

Alfedri juga meminta doa seluruh masyarakat Siak, agar Ammar dapat segera sehat dan bermain seperti anak seusianya.

Kaspen Nahar (39) di dampingi istri orang tua Muhammad Ammar Fathan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Siak dan jajaran yang turut membantu meringankan bebannya.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pak Bupati dan ibu yang memberikan bantuan kepada kami, bantuan ini lebih dari cukup. Dari informasi yang di sampaikan dokter masa perobatan anak kami minimal disini satu tahun bahkan bisa lebih," terangnya.(rls/man)