Mulai Hari Ini, Ditlantas Polda Riau Resmi Menerapkan Tilang ETLE Mobile di Kota Pekanbaru

Datariau.com
7.552 view
Mulai Hari Ini, Ditlantas Polda Riau Resmi Menerapkan Tilang ETLE Mobile di Kota Pekanbaru
Kombes Pol Firman Dermansyah SIK.

PEKANBARU, datariau.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau resmi menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah kota Pekanbaru.

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Firman Dermansyah SIK kepada awak media menjelaskan, bahwa mulai Senin (21/11/2022), pihaknya resmi melaksanakan ETLE Mobile.

“Betul, besok sudah mulai dilaksanakan ETLE Mobile,” ujar Kombes Firman, Ahad (20/11/2022).

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Firman Dermansyah SIK menjelaskan, metode tilang ETLE Mobile tidak sama dengan tilang manual maupun ETLE di lapangan.

“Anggota Satlantas memfoto pengendara yang melakukan pelanggaran, akan langsung terkirim ke media barang bukti pelanggaran ke back office ETLE di RTMC Ditlantas Polda Riau, dan kami akan cari data kendaraannya melalui bantuan data kendaraan Electronic Registration dan Identifikasi (ERI) sebagai sumber data kendaraan,” ujar Dirlantas Kombes Firman.

Baca juga: Telegram Resmi Kapolri: Polantas Tak Diizinkan Lagi Tilang Manual


Dikatakannya lagi, setelah mendapatkan data kendaraan, pihaknya akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat pemilik kendaraan bermotor, untuk permohonan konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi.

“Surat konfirmasi adalah langkah awal dari penindakan, yang mana pemilik kendaraan wajib mendeteksi tentang kepemilikan kendaraan dan pengemudi kendaraan pada saat terjadi pelanggaran,” ungkapnya.

Perwira jebolan Akpol 1997 itu juga mengungkapkan, jika kendaraan yang dimaksud sudah bukan menjadi kendaraan milik orang yang mendapat surat konfirmasi, maka hal itu harus segera diinformasikan.

“Jika kendaraan yang kena tilang mobile itu bukan lagi miliknya, bisa dikonfirmasi melalui websire atau datang langsung ke kantor pelayanan Sub Direktorat Lalu Lintas Polda Riau Bidang Penegakan Hukum,” tuturnya.

Baca juga: E-Tilang Akan Dilengkapi Fitur Pengenal Wajah Pengendara Tanpa Pelat

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)