Laka Terjadi Faktor Human Error, Keluar Masuk Jalan Poros Hendaknya Berhenti Sejenak

Hermansyah
840 view
Laka Terjadi Faktor Human Error, Keluar Masuk Jalan Poros Hendaknya Berhenti Sejenak
Panit I Lantas Polsek Tualang Ipda A Ramadhan SH MSi.

SIAK, datariau.com - Dalam rangka Operasi Lilin Tahun 2019, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang. Tentunya aktifitas masyarakat juga meningkat, seperti halnya aktifitas masyarakat dari tempat satu ke tempat yang lainnya. 

Dimana aktifitas masyarakat ini nantinya, berdampak pada tingginya volume kendaraan di jalan raya dan berpotensi besar akan terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas).

Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH melalui Panit I Lantas Polsek Tualang Ipda A Ramadhan SH MSi mengatakan, biasanya kecelakaan terjadi karena faktor manusia (human error), yang disebabkan oleh pengguna kendaraan itu sendiri. 

Salah satu contoh, lanjut Ramadhan, seperti halnya dengan aktifitas kendaraan keluar masuk dari gang kecil, atau sebaliknya hendak menuju jalan besar atau jalan raya poros.

"Saya menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan, baik saat keluar dari gang kecil menuju jalan poros, agar berhenti sejenak dan perhatikan keadaan disekeliling. Selanjutnya, jika telah merasa aman, maka dapat melanjutkan perjalanan kembali," tutup Panit Lantas Polsek Tualang Ipda Ramadhan  SH MSi.

Selain itu, kecelakaan juga sering terjadi di akibatkan kurangnya pemahaman bagi pengendara tersebut, arus (jalur) kiri maupun kanan saat berbelok atau masuk dari jalan poros menuju jalan sempit. 

Hal ini dapat dilihat dan hampir sering terjadi pada persimpangan jalan, dimana pengendara sehingga menutupi badan jalan kiri maupun kanan milik pengendara lain.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi