Sempat Ditunda, SEA Games Ke-31 Vietnam Digelar Mei 2022

Yessi Novriani
63 view
Sempat Ditunda, SEA Games Ke-31 Vietnam Digelar Mei 2022
Foto: pna.gov.ph

DATARIAU.COM - SEA Gameske-31 di Hanoi, Vietnam akan digelar pada Mei 2022. Kepastian itu didapat setelah 11 negara anggota SEA Games menyepakati hal tersebut dalam pertemuan online Senin (18/10/2021).

Namun, mengenai tanggal dimulainya SEA Games Vietnam, Panitia Penyelenggara baru akan mengumumkannya pada akhir Oktober setelah mendapat konfirmasi dari pemerintah Vietnam.

Ketua Komite Olimpiade Malaysia (OCM) Tan Sri Mohamad Norza Zakaria menyatakan keputusan itu dibuat dalam pertemuan virtual Federasi SEA Games (SEAGF), yang dipimpin oleh Datuk Seri Chaiyapak Siriwat.

"Kami pikir kami telah mencapai tahap kepastian dan keputusan akhir tentang pelaksanaan SEA Games," ungkap Tan Sri Mohamad Norza Zakaria dikutip dari Malay Mail.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Vietnam yang telah kembali dengan pasti dalam hal jadwal, yaitu Mei 2022," pungkasnya.

SEA Games 2021 yang rencananya berlangsung pada 21 November hingga 2 Desember 2021 resmi ditunda hingga tahun 2022.

Perkembangan pandemi covid-19 jadi salah satu alasan dibalik keputusan penundaan tersebut.

Ketua Komite Olimpiade Filipina Abraham Tolentino mengatakan tuan rumah Vietnam akan mendiskusikan rencana menggelar SEA Games pada pertengahan Mei. Hal ini untuk menyesuaikan agenda SEA Games berikutnya di Kamboja.

Kamboja akan menjadi tuan rumah SEA Games untuk kali pertama dan menetapkan upacara pembukaannya pada 5 Mei 2023.

"Kamboja akan menjadi tuan rumah edisi ke-32 pada tahun 2023 dan mereka ingin memiliki waktu setidaknya satu tahun untuk mempersiapkannya," ungkap Tolentinodikutip dari Rappler.

"Awalnya, mereka ingin upacara pembukaan dilakukan pada 5 Mei atau lebih awal," pungkasnya. (*)

Source: cnnindonesia.com