Presiden RI, Joko Widodo Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Sindy Aprilia Dwiyanti
100 view
Presiden RI, Joko Widodo Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya
Gambar : cnnindonesia.com
<

DATARIAU.COM - Presiden Joko Widodo atauJokowimenjadi inspektur UpacaraHari Kesaktian Pancasiladi Lubang Buaya Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021). Upacara dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dikarenakan situasi pandemi virus corona (Covid-19).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari siaran di Youtube Sekretariat Presiden,Jokowitelah tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.55 WIB dengan didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Selang beberapa menit, prosesi upacara pun dimulai dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Jokowi. Pejabat negara yang hadir terlihat menjaga jarak dan tetap memakai masker untuk mencegah penularan virus.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara Hari Kesaktian Pancasila dihadiri secara virtual oleh para tamu undangan dan keluarga para pahlawan revolusi G30S/PKI. Petugas upacara dan pasukan TNI/Polri yang hadir juga dibatasi.

Dalam upacara, naskahPancasiladibacakan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Sedangkan naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dibacakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar. Rangkaian upacara ditutup dengan doa yang dibacakan Menteri Agama Yaqut Cholis Qoumas.

Sebagai informasi, Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilakukan sebagai wujud untuk mengenang dan menghormati para jasa Pahlawan Revolusi. Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah Orde Baru.

Penetapan hari ini pun terkait erat dengan peristiwa yang biasa disebut Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI. Pada 1965 itu, berlangsung peristiwa pembunuhan terhadap enam perwira tinggi dan satu perwira menengah. (*)

Source : liputan6.com