Polres Siak Tahap I Pelimpahan Berkas Perkara Keributan Antara Pengamanan Swakarsa PT DSI dan Eks Pekerja Karya Dayun

Hermansyah
224 view
Polres Siak Tahap I Pelimpahan Berkas Perkara Keributan Antara Pengamanan Swakarsa PT DSI dan Eks Pekerja Karya Dayun
Satreskrim Polres Siak.

SIAK, datariau.com - Polres Siak telah melimpahkan berkas perkara 4 orang yang menjadi tersangka paska keributan antara petugas pengamanan swakarsa PT DSI dengan eks pekerja PT Karya Dayun pada 5 Januari lalu.

Penyidik tengah menunggu balasan dari Kejaksaan Negeri Siak tentang lengkap atau masih ada yang harus dipenuhi terhadap berkas ke empat orang tersebut.

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK melalui Kasat Reskrim Polres Siak Iptu Tony Prawira, Senin (23/01/2023) mengatakan berkas perkara sudah masuk tahap I pelimpahan ke Kejaksaan Negeri Siak.

“Kalau berkas dinyatakan sudah lengkap dalam arti P21 tidak ada lagi yang harus dipenuhi, kita akan lakukan tahap II segera," kata Iptu Tony.

Dia menjelaskan banyak yang bertanya-tanya tersangkanya cuma empat orang itu saja atau adakah tersangka lain yang akan menyusul.

“Dari pemeriksaan semua saksi dan tersangka belum ada yang mengerucut atau memenuhi unsur bertambahnya tersangka lain, seperti ada yang bertanya apakah yang menyuruh mereka dapat menjadi tersangka atau tidak," jelas Tony.

Menurut, Iptu Tony Prawira, dari keterangan saksi dari kedua belah pihak dan tersangka, mereka diperintahkan hanya untuk bekerja menjaga kebun masing-masing.

“Kita fokus pada pidana yang ada 170 KUHP dan 351 KUHP dengan empat orang tersangka ini, untuk mengarah ke pasal 160 KUHP-nya masih tetap kita dalami," ujarnya.

Kita ketahui bahwa Polres Siak menetapkan 4 orang menjadi tersangka terkait keributan yang terjadi antara petugas pengamanan swakarsa PT DSI dengan eks pekerja PT Karya Dayun.

Ke empat orang tersebut, berinisial YB (40), MM (37) dan YS (38) dijerat dengan pasal 170 KUHP tentang tindak pidana pengeroyokan. Dan MS (48) dijerat dengan pasal 351 tentang tindak pidana penganiyaaan.

Dari hasil gelar perkara yang dilaksanakan Polres Siak ke empat orang tersebut memenuhi unsur melanggar pasal yang diterapkan.

Tiga tersangka YB, MM, dan YS langsung dilakukan penahanan di Rutan Mapolres Siak, Slsementara tersangka inisial MS masih dalam perawatan (dibantarkan).(***)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)